Jokowi Minta Setiap Bulan Ada Ground Breaking Berbagai Proyek di IKN

Minggu, 24 September 2023 | 15:57 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Jokowi Minta Setiap Bulan Ada Ground Breaking Berbagai Proyek di IKN

ILUSTRASI. Percepat Pembangunan, Jokowi Minta Setiap Bulan Ada Ground Breaking Berbagai Proyek Di IKN. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar setiap bulan dilakukan prosesi peletakan batu pertama atau ground breaking untuk berbagai proyek di IKN. 

"Setiap bulan harus ada ground breaking berikutnya dan saya akan datang ke sini setiap bulan, dan jadwalnya memang sudah ada di Kepala Otorita (IKN)," kata Jokowi dalam Keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (24/9).

Dengan adanya berbagai peletakan batu pertama tersebut, Jokowi berharap akan menjadi motor percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara. 

Presiden juga berharap akan makin banyak fasilitas dan infrastruktur yang dibangun di IKN, baik hotel, rumah sakit, universitas, hingga taman safari.

Baca Juga: Konstruksi Pembangunan Bandara VVIP di IKN Dimulai November

"Tadi malam juga kita bicara untuk taman safari dan lain-lain akan segera dimulai di Ibu Kota Nusantara," imbuhnya.

Ia menegaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga oleh dunia usaha.

"Kita hanya ingin menyampaikan kepada dunia usaha bahwa pembangunan di Ibu Kota Nusantara ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi dunia usaha juga sudah masuk," ujar Presiden.

Diketahui, mulai 21 September kemarin sudah dilakukan ground breaking pada beberapa proyek di IKN. 

Di antaranya, ground breaking perdana oleh investor swasta dilakukan oleh Konsorsium pelaku usaha yang dipimpin oleh Agung Sedayu Group untuk pembangunan Hotel Nusantara. Adapun dalam konsorsium tersebut nilai investasi yang telah masuk sejauh ini di IKN sekitar Rp 20 triliun. 

Kemudian pada 22 September  dilanjutkan dengan ground breaking Pusat Pelatihan Sepak Bola Nasional (National Training Center) PSSI. Pendanaan pembangunan Training Center tersebut mendapat dukungan dari FIFA kepada PSSI sebesar Rp 85,6 miliar. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan dukungan sebesar Rp 95 miliar. 

Selanjutnya di hari yang sama Jokowi juga melakukan ground breaking kembali untuk proyek rumah sakit di IKN. Rumah sakit Abdi Waluyo Nusantara menjadi yang rumah sakit pertama yang dibangun di IKN.

Baca Juga: Di Istana Presiden IKN, Jokowi Tanam Beringin Kembar yang Punya Makna Keagungan

Presiden mengatakan, investasi yang masuk untuk pembangunan rumah sakit tersebut sebesar Rp 2 triliun. Nantinya rumah sakit Abdi Waluyo Nusantara akan memiliki 400 kamar perawatan dan melayani perawatan sub-spesialis. 

Kemarin Sabtu (23/9) juga dilakukan peletakan batu pertama Hotel Vasanta di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Ini merupakan ground breaking hotel kedua di kawasan IKN setelah Hotel Nusantara pada dua hari lalu. 

Presiden mengapresiasi para investor yang mau menanamkan modalnya di IKN. Ia meyakini bahwa para investor sudah melakukan kalkulasi bisnis yang baik dalam berinvestasi.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para investor yang telah menanamkan modalnya. Saya rasa mereka menanamkan modalnya di sini sudah melalui kalkulasi yang matang karena ini bukan investasi sia-sia, pasti mereka mau untung," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru