Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan dan 4 Kapal Motor di Kawasan Danau Toba

Rabu, 02 Februari 2022 | 18:48 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan dan 4 Kapal Motor di Kawasan Danau Toba

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meresmikan pelabuhan dan kapal motor di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu, 2 Februari 2022.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Guna mendukung Kawasan Pariwisata Super Prioritas Danau Toba serta memudahkan akses mobilitas masyarakat disana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor di Kawasan Danau Toba.

Adapun ke tujuh pelabuhan penyeberangan tersebut ialah, Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan, Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Kemudian empat kapal motor yang diresmikan ialah, Kapal Motor Penyeberangan Pora-Pora yang berkapasitas 180 penumpang dan 21 kendaraan, Kapal Motor Penumpang Kaldera Toba yang berkapasitas 152 penumpang dan 15 kendaraan, Kapal Motor Penumpang Asa-Asa dengan kapasitas 150 penumpang dan Bus Air Kapal Motor Penumpang Jurung-Jurung dengan kapasitas 150 penumpang.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim saya resmikan pengoperasian 7 pelabuhan dan 4 kapal motor penyeberangan pada sore hari ini," jelas Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (2/2).

Baca Juga: Tinjau Kawasan Pantai Bebas Parapat, Jokowi Minta Menparekraf Lakukan Rebranding

Ia menjelaskan, pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Maka guna memperlancar konektivitas di kawasan Danau Toba Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membangun 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di 7 Kabupaten.

"Keberadaan kapal ini sangat penting karena selama ini masyarakat menggunakan kapal rakyat yang standar keselamatannya kurang bisa diandalkan. Dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini akan mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia," imbuhnya.

Dengan adanya infrastruktur pelabuhan dan kapal motor, Jokowi berharap akses masyarakat ke berbagai tempat di Danau Toba akan menjadi lebih mudah, cepat dan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru