Jokowi sebut pemerintah siapkan Rp 1,9 triliun untuk reboisasi

Senin, 03 Februari 2020 | 16:56 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi sebut pemerintah siapkan Rp 1,9 triliun untuk reboisasi

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat sidang pleno penyampaian laporan tahun 2019 MK di Gedung MK, Jakarta, Selasa (28/1/2020).


LINGKUNGAN HIDUP - BOGOR. Pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,9 triliun untuk program reboisasi besar-besaran di 2020. Reboisasi besar-besaran ditujukan untuk mencegah longsor dan banjir di daerah hulu di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo di sela kunjungan kerjanya di bekas lokasi longsor, di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020). "Gede banget itu (anggarannya) Di seluruh Indonesia kalau enggak keliru Rp 1,9 triliunan. Untuk tahun 2020 kita sudah petakan," ujar Jokowi.

Baca Juga: Naksir bisnis pengolahan limbah eksplorasi tambang, PPRE bikin usaha patungan

Ia menambahkan, nantinya reboisasi besar-besaran itu tak hanya dilakukan di daerah yang pernah terdampak banjir dan longsor, tetapi juga daerah-daerah yang berpotensi dilanda bencana.

Daerah-daerah tersebut misalnya daerah aliran sungai yang mulai berkurang debit airnya, dan juga daerah waduk dan danau yang mulai kekurangan debit air. Jika dibiarkan, hal itu akan berakibat pada kekeringan.

Baca Juga: Proyek Terowongan Nanjung selesai, Jokowi: Banjir Bandung bisa berkurang

Editor: Noverius Laoli

Terbaru