Jokowi Ungkap Ada 3 RS Swasta Bakal Susul Groundbreaking RSUP di IKN

Rabu, 20 Desember 2023 | 12:15 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Jokowi Ungkap Ada 3 RS Swasta Bakal Susul Groundbreaking RSUP di IKN

ILUSTRASI. Bakal ada 3 rumah sakit swasta yang akan melakukan groundbreaking di IKN


IBU KOTA BARU - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hari ini Jokowi mengawali kunjungan ke IKN dengan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) IKN.

Ia mengungkapkan, setelah RSUP IKN bakal ada tiga Rumah Sakit (RS) swasta yang akan menyusul memulai pembangunan di Nusantara. 

"Hari ini kita groundbreaking lagi untuk RS umum pusat yang akan dibangun oleh pemerintah. Setelah ini sudah ngantri lagi tiga RS swasta," kata Jokowi dalam Groundbreaking RSUP IKN yang disiarkan Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/12).

Sebelumnya, sudah dilakukan groundbreaking RS swasta. Tercatat ada tiga RS swasta yang telah memulai pembangunannya di IKN. Ketiga RS swasta tersebut ialah RS Hermina, RS Abdi Waluyo dan RS Mayapada. 

Baca Juga: Ke IKN, Jokowi Bakal Kembali Lakukan Groundbreaking Sejumlah Infrastruktur

"Saya nggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan RS," jelasnya.

Namun dengan pembangunan rumah sakit - rumah sakit besar di IKN, Jokowi berharap saat RS tersebut selesai dibangun tak ada lagi masyarakat yang pergi ke luar negeri untuk berobat. 

"Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya. Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di Ibu Kota Nusantara khususnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, RSUP di IKN nantinya akan dikonsentrasikan khusus untuk penanganan jantung dan stroke. Hal tersebut didukung dengan konsep hijau dari RSUP di IKN.

Jokowi menekankan pembangunan di IKN harus berdasarkan pada konsep green building. Hal ini sejalan dengan konsep IKN yang akan menjadi smart and forest city. 

"Saya tekankan pada siapapun yang membangun di Ibu Kota Nusantara gedungnya harus gedung hijau green building. Kemudian lingkungan yang hijau lingkungannya juga harus lingkungan hijau. Dan kawasannya semuanya memang semuanya harus kawasan hijau dan memang akan kita hijaukan," jelasnya.

Baca Juga: Pembangunan IKN Dorong Indeks Belanja Masyarakat di Pulau Kalimantan

Berkaitan dengan penghijauan di IKN, selain groundbreaking RSUP Kepala Negara juga akan melakukan penghutanan kembali atau reforestasi, dengan penanaman pohon-pohon endemik di sana. 

Reforestasi dilakukan agar kawasan yang ada di IKN menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau sesuai konsep yang diusung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru