kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jumat pagi ini, status Gunung Tangkuban Parahu naik jadi level waspada


Jumat, 02 Agustus 2019 / 10:44 WIB
Jumat pagi ini, status Gunung Tangkuban Parahu naik jadi level waspada

Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meningkatkan status Gunung Tangkuban Parahu dari level 1 (normal) menjadi level II (waspada) terhitung sejak Jumat (2/8). 

"Tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu dinaikkan dari level 1 (normal) menajdi level II (waspada) terhitung sejak  Agustus 2019 pukul 08.00 WIB," tulis PVMBG Kementerian ESDM dalam cuitannya di Twitter.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali melaporkan erupsi Gunung Tangkuban Perahu pukul 20.46 WIB, Kamis (1/8). 

Erupsi dengan ketinggian kolam abu teramati ± 180 m dari dasar kawah (± 2.084 m di atas permukaan laut).

Baca Juga: Gunung Tangkuban Perahu kembali erupsi dengan tinggi kolam abu 180 m

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi ± 11 menit 23 detik," tulis BNPB melalui akun twitternya.

Ketinggian abu teramati 180 dari dasar kawah. Saat ini G. Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal).

BNPB merekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung atau pendaki tidak mendekati kawah yang ada di puncak Gunung.

"Dalam dalam radius 500m dari kawah aktif atau sekitaran sepanjang area parkir bibir kawah dan tempat berdagang," tulis BNPB.




TERBARU

Close [X]
×