Jumlah Pendatang ke DKI Jakarta Terus Naik, Tahun 2022 Capai 151.752

Selasa, 14 Februari 2023 | 16:32 WIB Sumber: Kompas.com
Jumlah Pendatang ke DKI Jakarta Terus Naik, Tahun 2022 Capai 151.752

ILUSTRASI. Warga Jakarta


JABODETABEK - JAKARTA. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta menyebutkan bahwa jumlah pendatang di Ibu Kota meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin berujar, pada 2020 terdapat 113.814 orang datang ke Ibu Kota. "Sedangkan pada 2021 ada 139.740 (pendatang) dan pada 2022 ada 151.752 (pendatang)," tuturnya di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2023).

Menurut Budi, jumlah kenaikan ini tergolong sedikit. Di sisi lain, Budi juga mengungkapkan bahwa pendatang ke Jakarta karena Ibu Kota selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin mengadu nasib.

Baca Juga: Pemprov DKI Diminta Matangkan Rencana Penerapan Jalan Berbayar (ERP), Ini Alasannya

"Memang Jakarta ini punya daya tarik tersendiri. Jadi, banyak penduduk yang ingin mengadu nasibnya ke Jakarta," ujar Budi.

Ia menyebutkan, 75 persen pendatang di Ibu Kota tidak memiliki gelar sarjana alias mereka merupakan lulusan SMA ke bawah. Kemudian, sebanyak 50 persen pendatang dinilai tidak berketerampilan.

"Kami lihat, mereka yang datang ke Jakarta adalah mereka yang pendidikannya SMA ke bawah dan setengahnya enggak punya keterampilan," sebut Budi.

Dalam kesempatan itu, Budi menyebut peningkatan keterampilan bukan menjadi kewenangan Disdukcapil DKI. Peningkatan keterampilan dilakukan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI lain.

Ia berujar, Disdukcapil DKI hanya memiliki program untuk mendata administrasi kependudukan, seperti nomor KTP dan nomor kartu keluarga milik para pendatang.

"Kami berkoordinasi dengan beberapa SKPD lainnya terkait penanganan bagi mereka yang enggak punya keterampilan," ujarnya.

Baca Juga: Kemenhub dan Pemprov DKI Bahas Pengembangan Angkutan Massal Perkotaan

"Kami memberikan sosialisasi dan layanan jemput bola kepada masyarakat agar mereka tertib administrasi kependudukannya," sambung Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendatang di Ibu Kota Naik Beberapa Tahun Terakhir, 151.752 Orang pada 2022"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru