Kadin DKI Jakarta Beri Penghargaan pada Korporasi Peduli Lingkungan

Jumat, 17 November 2023 | 20:00 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kadin DKI Jakarta Beri Penghargaan pada Korporasi Peduli Lingkungan

Ketua Umum KADIN DKI, Diana Dewi


KADIN - JAKARTA. Penyelenggaraan Rapat Pimpinan Provinsi IV Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta pada Jakarta, 21 November 2023 mendatang akan dilakukan dengan pemberian 'Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023', sebuah penghargaan bagi korporasi yang peduli terhadap lingkungan hidup. 

Kegiatan ini juga merupakan upaya mendorong para pelaku usaha untuk berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan, selain merupakan rangkaian kegiatan HUT KADIN ke-55. 

Dalam keterangan persnya, di Jakarta, Jumat (17/11/2023), Ketua Umum KADIN DKI, Diana Dewi mengatakan, Kadin DKI Jakarta menyadari bahwa menjaga kelestarian lingkungan Kota Jakarta merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kemajuan dunia usaha. Perhatian pada aspek lingkungan dan keberlanjutan juga bukan hanya melulu soal kewajiban etis terhadap bumi, tetapi tentang keberlanjutan bisnis jangka panjang".

Baca Juga: Pengusaha Siap Naikkan Upah Minimal 2024, Ini Daftar UMP 2023 yang Berlaku

Lanjutnya, menjaga lingkungan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kemajuan dunia usaha. Apalagi Jakarta akan menjadi kota global, tentu membutuhkan environment yang benar-benar terjaga. 

Diana menilai, dengan mengintegrasikan kepedulian terhadap lingkungan ke dalam model bisnis, Jakarta diharapkan dapat tumbuh menjadi pusat bisnis global yang berkelanjutan. Kota Jakarta juga akan tumbuh lebih kuat dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dia mengharapkan, penyelenggaraan Anugerah Lingkungan Hidup 2023 ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, perusahaan dan lembaga terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Selain itu juga diharapkan mampu mendorong pelaku usaha untuk mempraktikkan bisnis berkelanjutan, dan memperkuat kolaborasi antara pemerintah, swasta, serta masyarakat  dalam mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik.

Dijelaskan pula, KADIN DKI Jakarta melakukan penilaian kegiatan usaha yang menjadi lingkup pengawasan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta. Bagi korporasi yang dinyatakan sebagai pemenang akan mendapatkan piala replika pohon trembesi.

Baca Juga: Pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Bicara Kedaulatan Pangan, Ini Visi Misinya

Di sisi lain, Ketua Panitia Pelaksana Rapimprov IV 2023 KADIN DKI Jakarta, Andi Anzhar Cakra Wijaya menerangkan, "Acara penganugerahan ini mengusung tema 'Komitmen Berkelanjutan'. Kami mengambil pohon trembesi sebagai simbol kemanfaatan dan memiliki filosofi yang mendalam. Semua bagian dari pohon trembesi, baik akar, ranting, daun mempunyai makna dan filosofi tersendiri".

Acara ini juga merupakan bentuk kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru