Kasus corona meningkat, ruang isolasi di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau penuh

Minggu, 06 September 2020 | 06:18 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus corona meningkat, ruang isolasi di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau penuh

ILUSTRASI. Petugas medis dengan memakai alat pelindung diri memperlihatkan alat ?rapid test? COVID-19 di terminal kedatangan Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai di Dumai, Riau, Jumat (3/4/2020).


VIRUS CORONA - PEKANBARU. Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau dalam sebulan terakhir, berdampak terhadap daya tampung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. Ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di rumahsakit milik Pemprov Riau itu kini sudah tidak bisa lagi menampung jumlah pasien yang mendapat rujukan.

Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi menyatakan, untuk menampung pasien Covid-19, akan dirujuk ke sejumlah rumahsakit swasta di Pekanbaru. "Untuk ruangan isolasi di RSUD Arifin Achmad sudah penuh. Pasien positif lainnya ditempatkan di rumah sakit rujukan yang telah bekerja sama dengan Pemprov Riau," ungkap Nurzelly, Sabtu (5/9).

Nurzelly mengatakan, untuk menampung pasien Covid-19, terdapat 66 ruang isolasi yang disediakan RSUD Arifin Achmad. Namun, dengan semakin meningkatnya kasus Covid-19 membuat ruang perawatan isolasi penuh.

"Ruang isolasi hanya bisa menampung 66 orang. Memang pasien yang positif menyebar di kabupaten kota, dan perawatan juga ada di RSUD kabupaten dan kota. Termasuk rumah sakit swasta yang ada di Riau juga telah ikut menampung pasien yang positif," sebut dia.

Baca Juga: Kasus corona makin bertambah banyak, bagaimana kapasitas rumahsakit di Indonesia?

Hanya saja, menurut Nurzelly, dari seluruh kasus Covid-19, sebagian besar berstatus orang tanpa gejala (OTG), sehingga cukup menjalani isolasi mandiri di beberapa tempat yang disediakan pemerintah.

"Saat ini banyak pasien positif Covid-19 yang OTG. Untuk itulah perlu kami menggunakan ruangan atau tempat penampungan pasien yang OTG, seperti asrama haji, Balai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Riau, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi," kata Nurzelly.

Kasus positif Covid-19 di Riau kemarin bertambah 176 orang, sehingga totalnya menjadi 2.442 orang. Meski demikian, terdapat 107 orang pasien dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Pasien yang masih dirawat di rumahsakit 496 orang, isolasi mandiri 680 orang, sembuh dan dipulangkan 1.224 orang, dan pasien meninggal dunia 42 orang.

Baca Juga: Tambah lagi lebih dari 3.000, kasus positif corona Indonesia tembus 190.665 kasus

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kasus Covid-19 Meningkat, Ruang Isolasi di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Penuh.

Penulis: Kontributor Kompas TV Pekanbaru, Citra Indriani
Editor: Robertus Belarminus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru