Kasus Covid-19 di DKI rekor lagi, Epidemiolog: Bisa ada kado tahun baru yang dahsyat

Sabtu, 26 Desember 2020 | 12:50 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus Covid-19 di DKI rekor lagi, Epidemiolog: Bisa ada kado tahun baru yang dahsyat

ILUSTRASI. Kasus virus corona di Jakarta rekor lagi


VIRUS CORONA - JAKARTA. Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono mengaku prihatin dengan kasus Covid-19 di DKI Jakarta yang terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Ia pun memprediksi kasus Covid-19 di Jakarta akan terus meningkat sampai awal tahun depan. 

"Kami harus segera menekan penularan. Kalau tidak, minggu depan, awal Januari, kita bisa dapat kado tahun baru yang dahsyat," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (26/12). 

Pandu mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 di Ibu Kota dalam beberapa waktu terakhir sebenarnya sudah diprediksi. Kenaikan ini, menurut dia, disebabkan oleh berbagai faktor. 

Namun, pada intinya, penularan itu disebabkan oleh peningkatan aktivitas masyarakat yang disebabkan berbagai kebijakan pemerintah, mulai dari penyelenggaraan Pilkada hingga pembiaran kerumunan. 

Baca Juga: Soroti penularan dari klaster keluarga, Wagub DKI: Jangan anggap remeh Covid-19

Di sisi lain, penanganan berupa testing, tracing, dan treatment (3T) yang dilakukan pemerintah juga tidak optimal. Begitu juga sosialisasi gerakan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, dinilai belum maksimal. 

"Masih sangat jauh dari optimal," ujarnya. 

Ia menilai, kasus Covid-19 akan kembali naik awal tahun depan karena pemerintah membiarkan masyarakat untuk bepergian. 

Syarat tes antigen yang diberlakukan sejumlah daerah dinilai tak akan terlalu efektif. "Tes antigen, pelayanannya enggak siap. Enggak terencana dengan baik," ujarnya. 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru