Jabodetabek

Kasus positif Covid-19 di Jakarta bertambah lebih dari 500 orang, ini kata Anies

Rabu, 29 Juli 2020 | 15:26 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus positif Covid-19 di Jakarta bertambah lebih dari 500 orang, ini kata Anies

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Angka penambahan kasus Covid-19 di DKI Jakarta kembali melonjak per Rabu (29/7/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, angka kasus Covid-19 hari ini bertambah 584 kasus. Jumlah detail kasus positif Covid-19, lanjut Anies, akan disampaikan Rabu sore oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

"Setiap hari kita mendengar kasus baru di Jakarta, hari ini angkanya agak besar di atas 400, diumumkan sore ini jumlahnya persisnya kita akan ada 584 kasus baru," kata Anies dalam webinar yang disiarkan melalui Zoom, Rabu. 

Anies mengatakan, lonjakan penambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta disebabkan semakin masifnya pemeriksaan Covid-19 yang dilakukan Pemprov DKI. "Jakarta mengambil strategi mencari orang-orang yang terpapar (Covid-19), lalu diisolasi, lalu diputus mata rantainya. Kalau Jakarta hanya ingin angkanya kecil, maka Pemprov DKI tidak perlu melakukan testing, dijamin angka Covid-19 langsung turun," ujar Anies. 

Baca Juga: Ada pandemi Covid-19 utilitas industri farmasi kurang dari 50%

Oleh karena itu, Anies meminta masyarakat tidak panik saat mendapatkan informasi lonjakan penambahan kasus positif Covid-19. Menurut Anies, penambahan kasus itu seharusnya disyukuri. Artinya, masyarakat mengapresiasi dan mensyukuri langkah Pemprov DKI untuk menelusuri pasien positif Covid-19 yang berisiko menularkan virus kepada orang-orang di sekitarnya. 

"Saya selalu sampaikan kalau ada angka positif harus kita syukuri ketahuan. Banyak dari kita yang menganggap kalau positif itu masalah," ujar Anies. 

"Memang kita masih punya wabah, di dunia juga masih ada wabah. Pilihannya mau ditemukan atau tidak. Kalau tidak ditemukan, angkanya kecil. Saya berkali-kali menegaskan kami bukan ingin menurunkan angka Covid-19, kami ingin menurunkan penyebaran Covid-19," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rabu, Jakarta Bertambah 584 Kasus Covid-19, Ini Komentar Anies"

Editor: Handoyo .


Terbaru