Nusantara

Kasus positif Covid-19 di Riau meningkat dalam tiga hari, ini penyebabnya

Jumat, 21 Mei 2021 | 14:28 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus positif Covid-19 di Riau meningkat dalam tiga hari, ini penyebabnya

ILUSTRASI. Saat ini ada 1.500-2.000 sampel yang masuk. Sedangkan pada saat lebaran 500-600 di Riau.

KONTAN.CO.ID - PEKANBARU. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau kembali naik. Secara nasional daerah yang dijuluki Bumi Lancang Kuning itu masuk dalam urutan empat besar penambahan kasus Covid-19 tertinggi.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau per Kamis (20/5) mencatat terdapat penambahan 421 kasus positif Covid-19, sehingga total kasus di Riau telah mencapai 53.103 kasus. Namun, pasien yang sembuh dan pulang dalam beberapa hari ini juga meningkat signifikan.

Pasien sembuh bertambah 600 orang, atau total menjadi 47.860 orang yang sembuh. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliana Nazir mengatakan, meningkatnya kasus positif di Riau karena mulai banyaknya sample swab yang masuk.

Selama hari raya Idul Fitri, sample swab yang masuk sedikit, bahkan laboratorium biomolekuler diistirahatkan selama dua hari saat Lebaran. Penyebab lainnya adalah hasil tracing dari pasien positif yang juga meningkat.

Baca Juga: Dari klaster mudik, jumlah pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet terus bertambah

“Kasus positif meningkat lagi, ini karena pemeriksaan mulai meningkat setelah lebaran. Dan reaksinya hasil tracing dan semua pemeriksaan sudah seperti sebelum lebaran. Kalau yang turun kemarin, karena lebaran tracing berkurang pemeriksaan sampel berkurang, hasilnya berkurang dan labor juga istirahat,” kata Mimi, dalam keterangan tertulis, Jumat (21/5).

Saat ini ada 1.500-2.000 sampel yang masuk. Sedangkan pada saat lebaran 500-600. “Ya, mulai lagi bertambah sampel yang masuk, karena masyarakat yang libur saat Lebaran tentu tidak ada yang swab. Sekarang mulai-mulai berjalan seperti biasa,” ungkap Mimi.

"Kita hitung saja sampel yang masuk selama bulan April lalu, pemeriksaan mencapai 31.000 sampel selama April. Sedangkan pada Mei ini saja, mulai dari 1-19 Mei 2021 sampel yang masuk sudah mencapai 30.000. Dikhawatirkan setelah lebaran ini, bisa saja pasca lebaran semakin tinggi, tapi kita berharap dan berdoa tidak tinggi,” ucap Mimi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kasus Positif Covid-19 di Riau Meningkat dalam 3 Hari, Ini Penyebabnya.
Penulis: Kontributor Kompas TV Pekanbaru, Citra Indriani
Editor: David Oliver Purba

Baca Juga: Dampak serangan jamur hitam di pasien Covid-19: Hidung menghitam hingga batuk darah

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru