Kasus positif virus corona di Mimika bertambah jadi 19, dua klaster baru ditemukan

Minggu, 12 April 2020 | 08:48 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus positif virus corona di Mimika bertambah jadi 19, dua klaster baru ditemukan

ILUSTRASI. Ilustrasi virus corona


VIRUS CORONA - JAKARTA. Jumlah kasus positif virus corona baru atau Covid-19 di Kabupaten Mimika, Papua, terus meningkat. Hingga Sabtu (11/4) malam, jumlah kumulatif positif virus corona mencapai 19 kasus. 

Ada penambahan enam kasus baru, di mana tiga kasus berasal dari klaster Surabaya dan Makassar. Sedangkan tiga kasus positif lainnya dari transmisi lokal, masih dari klaster Lembang. 

Juru bicara Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika Reynold Ubra mengatakan, peningkatan kasus ini akibat efek positif dari pembatasan transportasi udara dan laut sejak 26 Meret lalu. 

Baca Juga: Membandingkan jumlah uji tes virus corona di Indonesia dan negara lain

Adanya pembatasan itu membuat tim menemukan dua kasus pertama virus corona pada 29 Maret, dari klaster Lembang. Kemudian pada 31 Maret ditemukan kasus positif lagi dari klaster yang sama. 

"Kemudian naik sebanyak lima kasus pada 5 April 2020, dan terus meningkat pada tanggal 7, 8, dan 11 April 2020 yang mencapai 19 kasus positif Covid-19," kata Reynold dalam video konferensi, Sabtu malam. 

Dari 19 kumulatif positif virus corona terdapat tiga kasus kematian, dan tiga pasien dinyatakan sembuh. Hingga saat ini, ada sembilan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih menunggu hasil tes swab dari Balitbankes Papua. 

"Pasien tersebut berada di RSUD Mimika tujuh orang, dan Rumah Sakit Tembagapura dua orang,” kata Reynold. (Irsul Panca Aditra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Postif Covid-19 di Mimika Bertambah Jadi 19, Dua Klaster Baru Ditemukan".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru