Katulampa Siaga 3, BPBD DKI minta camat dan lurah di daerah rawan banjir waspada

Selasa, 08 Oktober 2019 | 22:26 WIB   Reporter: kompas.com
Katulampa Siaga 3, BPBD DKI minta camat dan lurah di daerah rawan banjir waspada

ILUSTRASI. BENDUNGAN KATULAMPA


BANJIR - JAKARTA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta petugas di wilayah rawan banjir bersiaga menghadapi potensi genangan air, menyusul hujan deras di wilayah Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10) malam.

"Masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang bisa disertai kilat dan angin kencang pada pukul 19.45 hingga 22.00 WIB," kata Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD DKI M Ridwan di Jakarta, Selasa (8/10).

Hujan di kawasan Bogor yang merupakan hulu aliran sungai yang melewati Jakarta berpotensi menimbulkan genangan air di beberapa lokasi rawan banjir. Apalagi, BPBD Jakarta menyebutkan, Bendung Katulampa, Bogor, berstatus Siaga 3 sejak pukul 18.30 WIB.

Baca Juga: Atasi banjir, DKI anggarkan dana hibah Rp 108 miliar untuk Bogor dan Depok

Ridwan meminta kepada lurah dan camat di kawasan Jagakarsa, Cilandak, Pasar Minggu, Pancoran, Mampang, Kebayoran, Pesanggrahan, Setiabudi, Tebet, Jatinegara, Duren Sawit, Makasar, Pasar Rebo, Ciracas, Cipayung, Menteng, Tanah Abang, Palmerah, Kebon Jeruk, Cengkareng, Kalideres, Senen, Johar, Cempaka Putih, dan sekitarnya untuk waspada.

"Untuk para camat dan lurah pada daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Satgas Banjir Kecamatan. Segera tindak lanjuti genangan," ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, genangan air berpotensi meluas ke wilayah Kemayoran, Sawah Besar, Gambir, Taman Sari, Tambora, Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, Matraman, Pulo Gadung, Kelapa Gading, dan Koja.

Baca Juga: Peringatan dini BMKG: Hari ini hujan berpotensi turun di 12 provinsi

Hujan dengan intensitas sedang mulai mengguyur sejumlah wilayah Jakarta sejak pukul 18.30 WIB. Hujan terpantau di kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, serta sebagian Jakarta Selatan.

Penulis: Egidius Patnistik

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Katulampa Siaga 3, BPBD DKI Minta Camat dan Lurah di Daerah Rawan Banjir Waspada"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru