Atasi banjir, DKI anggarkan dana hibah Rp 108 miliar untuk Bogor dan Depok

Jumat, 27 September 2019 | 19:11 WIB Sumber: Kompas.com
Atasi banjir, DKI anggarkan dana hibah Rp 108 miliar untuk Bogor dan Depok

ILUSTRASI. Banjir di kawasan Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur (26/4/2019).


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan bantuan keuangan sekitar Rp 108 miliar untuk tiga pemerintah daerah di sekitar Jakarta demi mengatasi permasalahan banjir. Tiga pemda yang dimaksud, yakni Pemerintah Kota Depok, Pemerintah Kota Bogor, dan Pemerintah Kabupaten Bogor. 

Anggaran itu dialokasikan dalam Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk rancangan APBD DKI Jakarta 2020. 

Baca Juga: Bekasi minta hibah Rp 719 miliar, tapi DKI hanya anggarkan Rp 406,7 miliar pada 2020

"(Bantuan keuangan untuk) Bogor dan Depok lebih ke arah bagaimana kita menangani resapan-resapan air di daerah hulu," ujar Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/9). 

Anggaran bantuan keuangan yang dialokasikan, yakni Rp 53 miliar untuk Pemerintah Kota Depok, Rp 44 miliar untuk Pemerintah Kota Bogor, dan Rp 11,05 miliar untuk Pemerintah Kabupaten Bogor. 

Premi menyampaikan, Pemprov DKI akan memberi bantuan keuangan bagi Pemkot Depok untuk merevitalisasi sejumlah situ dan danau. Sementara bantuan keuangan akan diberikan kepada Pemkot dan Pemkab Bogor untuk membangun kolam retensi. 

"Diharapkan air itu bisa tertahan dulu di hulu pada saat musim hujan, kemudian air itu tidak langsung masuk ke aliran sungai yang ada di Jakarta, ditahan dulu. Jadi banjirnya itu ditahan," kata dia. 

Baca Juga: Pos polisi Ahmad Yani Cempaka Putih diserang 20 orang tidak dikenal

Pemprov DKI Jakarta, lanjut Premi, hanya memberikan bantuan keuangan untuk program yang mendukung rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) DKI Jakarta. 

Pemberian bantuan keuangan itu masih harus dibahas dan disetujui oleh DPRD DKI Jakarta. "Nanti dibahas dulu di Banggar (Badan Anggaran DPRD DKI), belum fixed," tutur Premi. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Atasi Banjir, DKI Anggarkan Dana Hibah Rp 108 M untuk Bogor dan Depok"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru