Kebun Binatang Surabaya dibuka hari ini, pengunjung bisa vaksinasi Covid-19 di tempat

Minggu, 03 Oktober 2021 | 06:39 WIB Sumber: Kompas.com
Kebun Binatang Surabaya dibuka hari ini, pengunjung bisa vaksinasi Covid-19 di tempat

ILUSTRASI. Kebun Binatang Surabaya (KBS) dibuka pada Minggu (3/10).

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Kebun Binatang Surabaya (KBS) dibuka pada Minggu (3/10). Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau langsung kesiapan protokol kesehatan yang diberlakukan di KBS pada Sabtu (2/10) mulai dari pintu masuk hingga bagian dalam. 

"karena selama ini sudah banyak yang menunggu KBS dibuka dan yang mau gowes ke KBS juga sudah antre," ujar Eri di sela peninjauan KBS, Sabtu. Eri menuturkan, pembukaan KBS telah melalui proses asesmen Satgas Covid-19 Surabaya bersama kementerian terkait dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

"Insyaallah ini sudah siap semuanya, dan nanti tidak ada kesempatan untuk sentuhan karena semuanya pakai aplikasi dan juga pakai PeduliLindungi," kata Eri. Ia menegaskan bahwa pengunjung yang masuk KBS masih dibatasi 25% dari total kapasitas 8.000 pengunjung.

Eri sudah meminta Satgas Covid-19 di KBS untuk selalu berkeliling dengan sepeda untuk mengingatkan protokol kesehatan para pengunjung jika ada yang melepas masker dan berkerumun. "Satgas itu tidak boleh berhenti keliling, dia berputar terus untuk mengingatkan para pengunjung, sehingga ketika KBS ini sudah dibuka, maka diharapkan tidak ada klaster KBS. Semoga tidak ada," kata Eri. 

Baca Juga: Data Vaksinasi Covid-19 per 2 Oktober: Vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 44,68%

Eri juga memastikan bahwa pengunjung yang akan diperbolehkan masuk ke KBS itu harus sudah divaksin dan terdata di aplikasi PeduliLindungi. Nah, bagi yang belum vaksin, nanti pemkot juga akan menyiapkan vaksin di KBS sekitar 1.000 dosis, baik KTP Surabaya maupun luar Surabaya. 

Selain KBS, Pemkot Surabaya juga telah diizinkan membuka Surabaya North Quay (SNQ). Untuk itu, Dia mengajak semua pihak untuk menjawab kepercayaan itu dengan berusaha maksimal melakukan arahan-arahan dan syarat-syarat yang sudah ditetapkan oleh kementerian. 

Dia menambahkan bahwa pembukaan KBS ini akan membantu memulihkan perekonomian di Kota Surabaya. Apalagi, terdapat banyak UMKM di dalam KBS yang diharapkan perekonomiannya bisa bergerak kembali usai dibuka. 

Baca Juga: Jelang pelonggaran lockdown, Australia laporkan 2.355 kasus baru Covid-19

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Chairul Anwar memastikan, pihaknya akan mengerahkan 85 satgas mandiri untuk berkeliling mengingatkan protokol kesehatan para pengunjung. Para petugas ini sudah dibagi per zona yang biasanya menimbulkan kerumunan, seperti di pintu masuk, pertigaan, area zona satwa favorit dan zona lainnya. 

"Di zona-zona itu kita tempatkan satgas," kata Chairul. Mulai hari ini, KBS akan dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan kapasitas 25% atau sekitar 2.000 pengunjung. Sedangkan bagi yang gowes dibuka mulai pukul 06.00-10.00 WIB. 

"Kami juga sudah menyiapkan semua prokesnya mulai masuk hingga keluar KBS, semuanya sudah sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam SE kementerian," tegas dia. Chairul juga menjelaskan bahwa semua satwa di KBS sudah dicek kesehatannya secara periodik. 

Bahkan, hampir setiap hari dokter hewan KBS melakukan evaluasi di masing-masing zona satwa, sehingga dia memastikan bahwa satwa KBS dalam kondisi sehat. "Tapi memang dalam pembukaan kali ini, ada beberapa area yang belum bisa kami buka, seperti aquarium dan beberapa tempat lainnya," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kebun Binatang Surabaya Dibuka Besok Minggu, Pengunjung Bisa Vaksinasi Covid-19 di Tempat.
Penulis: Kontributor Surabaya, Ghinan Salman
Editor: Priska Sari Pratiwi

Baca Juga: Efisiensi sektor logistik akan percepat pemulihan ekonomi

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru