Kemenkes belum temukan kasus corona B.1.1.7 di DKI hingga 12 Maret 2021

Jumat, 12 Maret 2021 | 17:22 WIB Sumber: Kompas.com
Kemenkes belum temukan kasus corona B.1.1.7 di DKI hingga 12 Maret 2021

ILUSTRASI. SARS-CoV-2 yang nyata dalam tiga dimensi (3D).


COVID-19 - JAKARTA. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga Jumat (12/3/2021) belum ditemukan kasus positif Covod-19 dari penularan mutasi varian B.1.1.7 tidak ditemukan di Jakarta. 

Hal ini disampaikannya mengklarifikasi informasi yang menyebut ada satu sampel kasus Covid-19 mutasi varian B.1.1.7 yang berasal dari Ibu Kota. "Jadi enam kasus itu tidak ada yang berasal dari Jakarta ya. Hingga saat ini untuk kasus Covid-19 yang berkedudukan di Jakarta belum ada variasi mutasi B.1.1.7," ujar Nadia dalam talkshow yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (12/3/2021). 

Adapun, lanjut dia, enam kasus yang dimaksud masing-masing di Karawang, Jawa Barat (2 kasus), Sumatera Utara (1 kasus), Sumatera Selatan (1 kasus), Kalimantan Timur (1 kasus) dan Kalimantan Selatan (1 kasus). 

Baca Juga: Jubir vaksin Kemenkes sebut 6 pasien corona B117 telah sembuh

Informasi ini dipastikan setelah Kemenkes melakukan pelacakan kasus secara lebih lanjut. "Jadi kan sampel ini didapatkan dari pekerja migran Indonesia ya. Nah ternyata asal daripada kasus ini bukan di Jakarta," tegas Nadia.

Sebelumnya, Nadia menjelaskan bahwa meski mutasi virus ini lebih cepat menular, tetapi WHO belum mendapatkan laporan bukti bahwa mutasi virus ini lebih tinggi tingkat keganasannya. 

Nadia juga menjelaskan, mutasi terjadi pada bagian spike virus sehingga virus lebih mudah masuk ke sel sasaran, sehingga penularannya lebih cepat dibandingkan varian lama. Dia juga mengatakan, vaksin Covid-19 yang ada masih efektif melawan varian baru virus ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hingga 12 Maret, Kemenkes Belum Temukan Kasus Corona B.1.1.7 di DKI"

Selanjutnya: Vaksin Covid-19 Efektif Menangkal Varian B117, Masyarakat Jangan Menunda Vaksinasi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru