Kementan Dorong Pengembangan Produk Olahan Susu Untuk Kalangan Milenial

Kamis, 23 Februari 2023 | 13:37 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Dorong Pengembangan Produk Olahan Susu Untuk Kalangan Milenial

ILUSTRASI. Kementan Dorong Pengembangan Produk Olahan Susu untuk Kalangan Milenial


AGRIBISNIS -  JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong generasi millenial melek terhadap peluang bisnis di sektor pertanian, melalui pendidikan vokasi, Kementan bertekad mencetak banyak entrepreneur pertanian sukses.

Melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Jurusan Peternakan, Kementan mendorong generasi milenialberinovasi mengembangkan minuman olahan susu. Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan mengembangkan produk olahan susu merek Kenyot Yuks.

Kenyot Yuks adalah nama produk minuman olahan susu yang dijalankan oleh kelompok Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) binaan Kementan.

Baca Juga: Tingkatkan Ekspor Produk Pertanian Unggulan, Kementan Siap Dampingi Petani Milenial

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan SDM pertanian yang andal.

"Pendidikan vokasi mampu menyatukan intelektual dengan karakter. Kekuatan karakter sangat penting, karena akan membuatnya menjadi sosok yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan," katanya dalam keterangannya, Kamis (23/2).

Adapun Kenyot Yuks mengusung dua produk unggulan, Milk Shake dan Fruit Milk. Cara pembuatan Milk Shake melalui tahapan pasteurisasi kemudian di-blending dengan bubuk minuman. Sementara Fruit Milk, varian buah segar diblender dan dicampur susu murni lalu ditambahkan es dan gula.

Produk olahan susu yang sudah berdiri lebih enam bulan ini diklaim telah menghasilkan laba.

Baca Juga: Paskomnas Gadeng Petani Milenial Pasok Hasil Produk Pangan ke Pasar Induk Sidotopo

Kendati demikian, tantangan usaha ini juga ada seperti waktu produksi karena sebagian kaum milenial ini masih berstatus mahasiswa.

Kendati demikian, mereka tidak patah semangat seraya memotivasi generasi milenial yang ingin memulai usaha, kuncinya harus konsisten dan pantang menyerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru