Paskomnas Gadeng Petani Milenial Pasok Hasil Produk Pangan ke Pasar Induk Sidotopo

Minggu, 19 Februari 2023 | 11:52 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Paskomnas Gadeng Petani Milenial Pasok Hasil Produk Pangan ke Pasar Induk Sidotopo

Walikota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana (kanan)


AGRIBISNIS -  JAKARTA. Pasar Komoditas Nasional (Paskomnas) mengandeng Petani milenial dan wirausahawan muda pertanian binaan Kementerian Pertanian (Kementan) di Provinsi Jawa Timur untuk memasok hasil produk pangan khususnya hortikultura di Pasar Induk Sidotopo Surabaya (PISS).

Harapannya adalah untuk mendukung ketersediaan pangan, stabilitas harga dan pengendalian inflasi.

Direktur Paskomnas Hartono Wignjopranoto, mengatakan, komitmen Paskomnas ini sebagai tindak lanjut kerjasama Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) dari Youth Enterpreneurship and Employment Support Services Programme (YESS) dengan Paskomnas yang ditandatangani pada medio Januari 2023.

Direktur Polbangtan Kementan Malang, Setya Budhi Udrayana, mengatakan melalui kerjasama dengan Paskomnas, diharapkan sektor pertanian, khususnya di Jawa Timur ke depan akan lebih maju dan berkembang. 

Baca Juga: Bangun Wirausaha Muda Pertanian, Kementan Lakukan Harmonisasi Pusat dan Daerah

"Kepercayaan Paskomnas pada Polbangtan Malang didasari pada komitmen bagi regenerasi pelaku pertanian oleh para milenial yang ingin memajukan usahanya," kata Setya BU yang akrab disapa Uud dalam siaran pers, Minggu (19/2).

Sementara itu, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan Pasar Induk Sidotopo Surabaya diharapkan dapat menjadi sentral kulakan bahan pangan masyarakat sehingga dapat mendukung pengendalian inflasi, lantaran pasokan pangan sudah terjamin. 

“Berarti, nanti seluruh pasar di Surabaya itu ngambilnya (kulakan) ya di pasar induk, sehingga bisa mencegah inflasi,” katanya.

Eri berharap per 1 Maret 2023 seluruh pasar di Surabaya sudah mulai kulakan pangan pokok di PISS. "Saya harap Asisten dan direktur PD Pasar sudah mulai kalaknya di Pasar Induk Sidotopo," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Hartono menegaskan telah menjalin kerjasama dengan banyak pihak, termasuk menggandeng petani milenial binaan Program YESS dari Polbangtan Malang.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kementan Gelar Bimbingan Teknis Bagi Petani

“Kami telah koordinasi dengan Polbangtan Malang yang menangani petani milenial di Jatim, untuk diarahkan dalam mengatur pola tanam agar pasokan pangan ke PISS teratur dan terjamin,” katanya.

Hartono mengharapkan kerjasama tersebut menciptakan sistem agribisnis dari hulu hingga ke hilir, sehingga dapat menghasilkan komoditas yang diminati pasar. Sementara Project Manager Program YESS, Acep Hariri berharap Paskomnas dapat mendukung pembinaan petani milenial Jatim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru