Penanaman Serentak 1.000 Pohon di Kalimantan Selatan Demi Indonesia Hijau

Senin, 06 Februari 2023 | 19:49 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Penanaman Serentak 1.000 Pohon di Kalimantan Selatan Demi Indonesia Hijau

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno (keempat kiri) menanam bibit pohon kelapa genjah.


LINGKUNGAN HIDUP -  BANJARBARU. Dalam upaya mendukung Indonesia Hijau yang merupakan program kerja dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), SMK-PPN Banjarbaru binaan Kementerian Pertanian (Kementan) turut menyukseskan Hijau melalui Penanaman Serentak 1.000 pohon yang dilakukan secara hybrid pada 36 provinsi di seluruh Indonesia.

Kegiatan penanaman secara simbolis dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang,  di dampingi sejumlah anggota OASE KIM.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementan merupakan titik tumpu program Indonesia Hijau, karena itu akan terus memberikan dukungan kepada Bidang 5 OASE KIM yang diketuai Ibu Hj Ayunsri Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: Upaya Kementan Memaksimalkan Pendampingan Bagi Petani Milenial

“Kami juga berupaya menghijaukan Indonesia melalui program tanam 77 pohon saat peringatan HUT Kemerdekaan RI," katanya dalam siaran pers Kementan, Senin (6/2).

Syahrul berpesan agar seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) vertikal dari Kementan dapat menfasilitasi gerakan penanaman pohon, mengingat Kementan sebagai titik tumpu program Indonesia Hijau. 

“Penanaman pohon ini sebagai langkah revitalisasi alam, peningkatan produktivitas lahan, mitigasi bencana dan perubahan iklim, juga mendorong terciptanya sumber ekonomi dan kemandirian masayrakat yang hasilnya dapat dinikmati bersama,” terangnya.

Sebagai UPT Vertikal dari Kementan, Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PPN) Banjarbaru juga turut menyukseskan penanaman 1.000 pohon buah yang dilaksanakan di IP2TP BSIP Banjarbaru.

Baca Juga: Produk Gula Aren Temon Hasil Petani Milenial Tembus Pasar Kanada

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso turut menanam 100 bibit  durian varietas otong, alpukat 10 Batang, jengkol 150 batang, dan petai 150 batang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BBPP Binuang, Bamban Haryanto, perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikutura Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Disbunnak Kalsel, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalsel, Dinas Pertanian Kota Banjarbaru, Balittra, B-Vet Banjarbaru, BPTU-HPT Pelaihari, Balai Karantina Kelas I Banjarmasin dan kelompok tani.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru