Kereta Tabrak Mobil di KRL Depok, Ini Pernyataan KCI

Rabu, 20 April 2022 | 10:15 WIB   Reporter: kompas.com
Kereta Tabrak Mobil di KRL Depok, Ini Pernyataan KCI

ILUSTRASI. Sejumlah penumpang berjalan usai turun dari rangkaian kereta rel listrik (KRL) Commuterline di Stasiun KA Bogor, Kota Bogor. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra


KECELAKAAN - JAKARTA. Pada Rabu (20/4/2022) pagi, terjadi kecelakaan yang melibatkan KRL Commuter Line dengan mobil di kawasan Citayam, Depok. Kecelakaan itu membuat jadwal perjalanan KRL relasi Bogor-Jakarta Kota dan sebaliknya menjadi terganggu.  

PT KAI Commuter Indonesia (KCI) pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi.  

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala perjalanan yang terjadi di lintas Stasiun Citayam - Stasiun Depok sehubungan adanya mobil yang menemper KRL KA 1077 (Bogor - Jakarta Kota)," kata VP Corporate Secretary PT KCI Anne Purba kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2022). 

Anne menjelaskan, kecelakaan itu tepatnya terjadi di Kilometer 34+4/5 antara dua stasiun tersebut. 

Akibat tertempel mobil, sarana KRL mengalami kerusakan dan belum dapat melanjutkan perjalanan kembali. 

"Saat ini petugas sedang melakukan penanganan di lokasi agar kereta dapat segera berjalan kembali," kata Anne. 

Baca Juga: Wow! Stasiun Cikarang Saat Ini Sangat Megah dan Bagus

Sembari penanganan berlangsung, perjalanan KRL di lokasi diatur bergantian menggunakan satu jalur yang masih dapat dilalui kereta. Para pengguna yang berada di KA 1077 dievakuasi bertahap ke kereta-kereta tujuan Manggarai dan Jakarta Kota yang melintas di lokasi menggunakan satu jalur tersebut, antara lain menggunakan KA 1079 dan KA 1661. 

KAI Commuter juga melakukan rekayasa pola operasi perjalanan KRL untuk tetap melayani pengguna, yaitu KA 1054 relasi Jakarta - Bogor perjalannya hanya sampai Stasiun Depok untuk kembali menjadi KA 1097 relasi Depok – Jakarta Kota.

Dengan adanya proses evakuasi pengguna, penanganan sarana KRL, dan evakuasi mobil yang menemper kereta, perjalanan KRL di lintas Bogor - Depok PP akan berdampak terhadap waktu perjalanan dan waktu tunggu di stasiun. 

"Para pengguna yang masih menunggu di stasiun kami himbau untuk bersabar dan tidak memaksakan diri naik ke dalam KRL yang telah terisi sesuai ketentuan. Utamakan selalu keselamatan dan kesehatan dalam menggunakan KRL," jelas KCI. 

Baca Juga: MRT Jakarta Jajaki Kerja Sama dengan Jababeka untuk Pembangunan Fase 3 MRT Jakarta

KAI Commuter mengajak masyarakat khususnya pemgguna jalan untuk senantiasa waspada, berhati-hati, dan mendahulukan perjalanan kereta saat melintas di perlintasan sebidang. 

Pengguna jalan diimbau menggunakan perlintasan sebidang yang telah disediakan oleh pemerintah sesuai aturan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Tertabrak KRL di Depok, KCI Minta Maaf Jadwal Perjalanan Terganggu"
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Ihsanuddin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru