kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi desak Anies buka dokumen anggaran ke publik


Selasa, 05 November 2019 / 12:51 WIB

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi desak Anies buka dokumen anggaran ke publik
ILUSTRASI. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mendesak Gubernur Anies Baswedan membuka dokumen Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

"Di sini saya akan menyampaikan bahwa saya juga mendesak agar Gubernur membuka draf KUA-PPAS tahun 2020 seluruhnya," ucap Prasetio di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga: Ini tanggapan Ketua KPK soal lem aibon di APBD DKI yang mencapai puluhan miliar

Prasetio bahkan mengaku belum memperoleh dokumen KUA-PPAS untuk APBD 2020. "Tapi bagaimana pembahasan anggaran ini bisa berlangsung baik kalau saya pun belum mendapat draf KUA-PPAS tahun 2020," tuturnya.

Ketua DPRD DKI Jakarta dua periode ini memastikan untuk segera berkirim surat ke Anies untuk membuka dokumen itu agar bisa diakses publik. "Dalam waktu dekat saya akan kirimkan surat ke Gubernur agar dokumen tersebut dibuka, agar kita bahas bersama, dan sahkan sesuai dengan ketentuan," kata dia.

Baca Juga: DPRD buka suara soal 2 pejabat DKI Jakarta yang mundur, apa kata mereka?

Sebelumnya, sejumlah pihak, terutama di internal DPRD DKI sudah meminta agar Pemprov membuka dokumen KUA-PPAS. Dalam KUA-PPS ditemukan sejumlah pengajuan anggaran yang janggal. Bahkan, Anies juga menemukan hal yang sama.

Sementara Anies menyatakan, pihaknya belum akan membuka atau mengunggah rancangan KUA-PPAS 2020 DKI Jakarta pada situs web apbd.jakarta.go.id. Anies mengaku khawatir jika diunggah dan dilihat publik akan menimbulkan keramaian.

“Justru karena ada masalah masalah seperti ini yang menimbulkan keramaian padahal tidak akan dieksekusi,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga: Anies: Sistem e-budgeting yang baru harus bisa ikat seluruh penyusun anggaran

Anies mengatakan, akan mengunggah anggaran kegiatan Pemprov DKI saat pihaknya dan DPRD telah rampung membahas anggaran APBD 2020. Anies mengaku kan lebih fokus untuk melakukan penyisiran dan koreksi secara internal sehingga data itu tak akan dibuka ke publik saat ini. (Ryana Aryadita Umasugi)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua DPRD DKI Desak Anies Buka Dokumen Anggaran ke Publik", 


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×