Khofifah pasok sembako bagi dapur umum di Sidoarjo dan Gresik

Senin, 27 April 2020 | 20:38 WIB   Reporter: Barly Haliem
Khofifah pasok sembako bagi dapur umum di Sidoarjo dan Gresik

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Mulai Selasa (28/4) tiga daerah di Jawa Timur resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ketiga daerah tersebut yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan sebagain Kabupaten Gresik. 

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan bantuan awal berupa sembako pada Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik pada Senin ini (27/4) untuk menyuplai kebutuhan dapur umum yang akan dibuka selama PSBB berlangsung.  

Sembako yang dikirim Pemprov Jatim ke Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik masing-masing terdiri dari 5 ton beras, 1 ton telur ayam, 1 ton daging ayam beku dan 500 karton mie instan.

Baca Juga: Bantuan 41.000 reagen kit tiba, kapasitas tes swab di Jatim melonjak

Bantuan sembako ini tepatnya akan digunakan untuk keperluan makan sahur dan buka puasa bagi warga masyarakat, yang akan disiapkan di dapur umum di wilayah yang menerapkan PSBB. 

Baca Juga: Sudah 1.170 kendaraan diminta putar balik di 8 titik pintu masuk Jatim

Makanan siap santap yang disiapkan dari dapur umum tersebut akan didistribusikan pada masyarakat yang sudah didata oleh masing-masing kabupaten kota yang melaksanakan PSBB. Dimana mereka masuk sebagai warga terdampak covid-19. 

“Hasil koordinasi dengan forkopimda plus, mulai nanti malam akan ada beberapa  titik di area PSBB yang  menyiapkan dapur umum yang akan dudistribusikan untuk  makan sahur pada dini hari nanti dan juga besok buka puasa,” tutur Gubernur Khofifah dalam pemberangkatan bantuan sembako di Gedung Negara Grahadi, dalam keterangan tertulis, Senin (27/4).

Titik penyiapan dapur umum ini sudah dikoordinasikan dengan kabupaten kota yang menyelenggarakan PSBB. 

Bantuan sembako bukan hanya disalurkan pada daerah yang besok mulai menerapkan PSBB. Melainkan juga  disalurkan ke daerah-daerah di Jawa Timur. 

Total saat ini sudah ada 33 titik yang didrop sembako oleh Pemprov Jawa Timur. Dengan total paket sembako mencapai 13.856 pak. Yang isinya ada beras, minyak goreng, telur ayam, gula, mi instan dan juga kebutuhan makanan lain yang diberikan pada warga masyarakat terdampak covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru