Komunitas Bicara Udara Dorong 4 Komisi di DPR Turun Tangan Atas Polusi Udara

Rabu, 30 Agustus 2023 | 15:12 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Komunitas Bicara Udara Dorong 4 Komisi di DPR Turun Tangan Atas Polusi Udara


POLUSI UDARA - JAKARTA. Komunitas Bicara Udara telah memulai upaya serius untuk mendorong penanganan tegas terhadap masalah polusi udara yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia. Bicara Udara merupakan kelompok masyarakat diinisiasi ibu-ibu yang memiliki anak-anak balita yang perihatin akan kebersihan udara.

Sebagai langkah proaktif, Bicara Udara telah mengajukan permohonan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengambil tindakan konkret dalam menangani persoalan polusi udara yang berdampak pada kualitas udara dan kesehatan masyarakat. 

Novita Natalia, Co-Founder Bicara Udara, menyatakan bahwa inisiatif itu bertujuan untuk mendorong penyelesaian masalah polusi udara melalui kerjasama lintas sektor.
"Langkah ini tak hanya jadi tanggung jawab Komisi 4 yang bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tetapi juga melibatkan Komisi 5 yang menangani sektor transportasi, Komisi 7 yang fokus pada energi terbarukan, dan Komisi 9 yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan masyarakat," kata dia dalam keterangannya, Rabu (30/8).

Baca Juga: Atasi Polusi Udara, Menkes Usul ke Jokowi Tiru China

Dalam beberapa waktu terakhir, polusi udara telah menjadi perhatian utama di Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek, yang berdampak signifikan pada kualitas udara dan kesehatan masyarakat. Novita percaya bahwa kolaborasi aktif antara lembaga pemerintahan dan pemangku kepentingan adalah langkah penting dalam mengatasi permasalahan ini.

Novita bilang, pihaknya menyakini bahwa untuk mengatasi masalah polusi udara memerlukan kolaborasi yang erat dan koordinasi yang baik antara lembaga pemerintah dan elemen masyarakat. Menurutnya, inisiatif yang dilakukan Bicara Udara akan mendorong untuk menyatukan pemikiran dan tindakan guna melindungi udara serta kesehatan generasi mendatang.

Tidak hanya itu, Novita menegaskan bahwa Bicara Udara akan terus berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah dan semua pemangku kepentingan terkait untuk menemukan solusi efektif dan berkelanjutan guna mengurangi dampak polusi udara.

"Dengan dukungan dari berbagai komisi di DPR, Bicara Udara berharap langkah-langkah positif akan segera diambil guna menjaga kualitas udara yang lebih baik serta kesehatan masyarakat yang lebih optimal," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru