Konsorsium BCK-BTS segera rampungkan proyek SPAM Bandar Lampung

Kamis, 24 Oktober 2019 | 19:51 WIB   Reporter: Handoyo
Konsorsium BCK-BTS segera rampungkan proyek SPAM Bandar Lampung

Konsorsium BCK-BTS segera rampungkan proyek SPAM Bandar Lampung


SUMBER DAYA AIR - BANDAR LAMPUNG. Konsorsium PT Bangun Cipta Kontraktor (BCK) dan PT Bangun Tjipta Sarana (BTS) terus menggenjot proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) di Bandar Lampung, Lampung. 

Proses pengerjaan proyek yang dimulai pada Agustus 2018 tersebut, saat ini telah mencapai 77 persen. Project Manager BCK, Rifi M. Nuh Rifqi, mengatakan ada empat pekerjaan utama dalam proyek SPAM Bandar Lampung. 

Pertama yaitu pembangunan instalasi pengolahan air minum dan intake air baku, dimana saat ini pengerjaannya sudah mencapai 85%. Lalu yang kedua adalah penanaman jaringan pipa Transmisi berdiameter 1000 milimeter, dimana saat ini sudah terpasang sepanjang 17 kilometer (km) dari target 22 km. 

Baca Juga: KPK sebut duga aliran dana suap SPAM mengalir kepada 55 pejabat Kementerian PUPR

Yang ketiga adalah pembangunan reservoir atau Fasilitas penampung air berkapasitas 10.000 meter kubik yang progresnya sudah mencapai 90%. Dan yang terakhir adalah jaringan pipa distribusi utama sepanjang 31 km, dan sudah terpasang 25 km. 

“Secara keseluruhan proses pengerjaan SPAM Bandar Lampung ini sudah mencapai 77 persen,” kata Rifqi dalam rilisnya, Kamis (24/10).

Jika tidak ada halangan, lanjut Rifqi, proyek SPAM ini akan selesai akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020. Penyelesaian proyek SPAM tersebut lebih cepat dari target yang ditetapkan sebelumnya yaitu selama 720 hari pengerjaan atau hingga Agustus 2020. 

Baca Juga: Hingga 2018, sudah 57 proyek infrastruktur gunakan skema KPBU

“Sebelum melakukan pengerjaan, kami lakukan sosialisasi terlebih dulu kepada warga, sehingga seluruh proses pengerjaan berjalan lancar dan masyarakat sangat membantu PSN ini,” ujar Rifqi.

SPAM Bandar Lampung menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) lantaran perannya sangat penting dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat di Lampung. 

Selesainya proyek ini akan mampu melayani 60.000 sambungan rumah atau setara dengan lebih dari 300.000 penduduk di delapan kecamatan Kota Bandar Lampung, yaitu Kedaton, Rajabasa, Tanjung Senang, Sukarame, Sukabumi, Labuhan Ratu, Way Halim dan Kedamaian.

Baca Juga: IIF dan BNI biayai proyek SPAM Bandar Lampung

Proyek SPAM Bandar Lampung dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Melalui skema KPBU ini, pembiayaan pembangunan SPAM berasal dari swasta, pinjaman bank, pemerintah daerah, pemerintah pusat, maupun dari perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru