Konstruksi fasilitas isolasi di Pulau Galang capai 60%, 28 Maret siap digunakan

Minggu, 22 Maret 2020 | 09:12 WIB Sumber: Kompas.com
Konstruksi fasilitas isolasi di Pulau Galang capai 60%, 28 Maret siap digunakan

ILUSTRASI. Pekerja memperbaiki bangunan bekas rumas sakit pengungsi Vietnam di kawasan bekas Camp Vietnam di Pulau Galang, Batam.


DAMPAK VIRUS CORONA - BATAM. Konstruksi fasilitas observasi dan isolasi penyakit infeksi menular di Kelurahan Sijantung Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sudah mencapai 60%. 

“Insya Allah, 27 Maret 2020 sudah siap dan tanggal 28 Maret 2020 sudah bisa dipergunakan untuk proses observasi,” kata Plt Gubernur Kepri, Isdianto di lokasi observasi Eks Kampung Vietnam Sijantung, Galang, Sabtu (21/3). 

Baca Juga: Jokowi instruksikan penampungan pasien visus corona Pulau Galang kelar delapan hari

Isdianto menjelaskan, hampir seluruh titik terlihat sudah rampung, mulai dari asrama perawat dan dokter, gudang obat-obatan, hingga ruang instalasi. 

Begitu lokasi ini dinyatakan rampung, sejumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona bisa langsung ditempatkan. 

Mengingat saat ini jumlahnya di Kepri terus meningkat seiring dengan hasil tracing terhadap empat pasien yang dinyatakan positif corona di Kepri. 

“Untuk asrama perawat, dokter, gudang obat-obatan dan ruang instalasi lainnya diperkirakan rampung tanggal 24 Maret hingga 25 maret 2020 mendatang dan langsung bisa ditempati,” jelas Isdianto. 

Isdianto juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kepri, khususnya masyarakat Pulau Galang yang turut mendukung pembangunan lokasi observasi tersebut.  

Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Kepri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Albert Reynaldo mengatakan, pihaknya memastikan bahwa pada 28 Maret 2020, pembangunan observasi di Sijantung, Pulau Galang rampung dan sudah bisa digunakan. 

Tidak saja bangunan yang rampung, aliran listrik, air bersih, ketersediaan jaringan telepon dan internet juga dipastikan siap digunakan. 

“Doakan saja proses pengerjaan tidak terjadi kendala yang berarti, sehingga penyelesaiannya bisa sesuai rencana, waktu yang telah ditetapkan oleh Pak Presiden RI Joko Widodo,” jelas Albert. 

Baca Juga: Kementerian PUPR: Pembangunan fasilitas di Pulau Galang ditargetkan rampung 28 Maret

Ada sekitar 1.500 tenaga kerja yang dilibatkan dalam pembangunan lokasi isolasi. 

Dalam pengerjaannya, tenaga kerja ini dibagi tiga shift, dengan waktu pengerjaan dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. (Kontributor Batam, Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Konstruksi Fasilitas Isolasi di Pulau Galang Capai 60 Persen, 28 Maret Siap Digunakan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru