Korban Gempa Cianjur Bertambah, 162 Orang Tewas, Mayoritas Anak-anak

Selasa, 22 November 2022 | 04:24 WIB Sumber: Kompas.com
Korban Gempa Cianjur Bertambah, 162 Orang Tewas, Mayoritas Anak-anak

ILUSTRASI. Dilaporkan, jumlah korban tewas gempa Cianjur kini mencapai 162 orang pada Senin (21/11/2022). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya


GEMPA - Jumlah korban gempa Cianjur, Jawa Barat, semakin bertambah. Dilaporkan, jumlah korban tewas gempa Cianjur kini mencapai 162 orang pada Senin (21/11/2022).  Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan anak-anak. 

Berdasarkan data yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, disebutkan pula ada 326 warga luka-luka dan 13.784 orang mengungsi. Lokasi pengungsian tersebar 14 titik. 

"Tercatat di call center BPBD ada 162 yang meninggal dunia. Mayoritas yang meninggal dunia adalah anak-anak, kita sangat prihatin," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Pendopo Bupati Cianjur, Senin malam pukul 21.30 WIB. 

Emil menyebut, banyak korban anak karena saat kejadian banyak siswa sekolah yang sedang belajar di madrasah atau pesantren. Emil belum mendapat data pasti berapa jumlah anak yang menjadi korban gempa bermagnitudo 5,6 itu. 

Baca Juga: BNPB: Sebanyak 62 Meninggal Dunia Pasca Gempa Cianjur

"Nah, per malam ini kita masih mengklasifikasi persentasenya, tapi laporan di lapangan selalu menyebutkan secara kualitatif mayoritas anak-anak," tuturnya. 

Sementara rumah rusak dengan skala 60-100% berjumlah 2.345 unit. Selain itu ada 2-3 lokasi jalan yang terisolasi. Sementara jalan nasional dilaporkan sudah kembali normal. 

Namun, pihaknya belum mendapat laporan lebih lanjut terkait lima mobil yang terperangkap. 

Dilaporkan juga dua gardu listrik padam dan hanya satu yang berfungsi.

Sementara itu, berdasarkan update terkini dari Humas BNPB yang diterima Kontan pada Selasa (22/11/2022), jumlah korban tewas gempa Cianjur masih berada di angka 62 orang. 

"Selamat pagi, data tervalidasi di BNPB masih di angka 62," jelas Humas BNPB. 

Dijelaskan pula, pihak BNPB sudah melakukan konfirmasi mengenai informasi korban tewas mencapai 162 orang. Namun hal tersebut belum bisa diverifikasi. 

"Dari BPD menyampaikan tambahan 100 korban MD belum bisa diverifikasi. Apabila ada perubahan daya akan kami update lebih lanjut," jelas BNPB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UPDATE Korban Gempa Cianjur: 162 Orang Meninggal, Mayoritas Anak-anak"
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : David Oliver Purba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru