KPK tangkap Bupati Muara Enim, uang sebanyak US$ 35.000 diamankan

Selasa, 03 September 2019 | 09:41 WIB Sumber: Kompas.com
KPK tangkap Bupati Muara Enim, uang sebanyak US$ 35.000 diamankan

ILUSTRASI. Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan


OTT KPK - JAKARTA. Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Palembang dan Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (2/9). 

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, tim KPK mengamankan dan membawa 4 orang ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, salah satunya Bupati Muara Enim Ahmad Yani. 

"Kami duga terdapat transaksi antara pihak pejabat pemkab dan swasta terkait proyek pembangunan di sana. Empat orang tersebut dari unsur kepala daerah, pejabat pengadaan dan rekanan swasta," kata Basaria dalam keterangan tertulis, Selasa (3/9).

Baca Juga: KPK menaruh perhatian pada skema TBS di proyek LNG Masela

Basaria menyatakan, tim KPK juga mengamankan uang sekitar 35.000 dollar Amerika Serikat. "Kami duga uang ini terkait proyek di dinas PU setempat," kata dia.  

Basaria menyatakan, keempat orang ini sedang menjalani pemeriksaan intensif di KPK. KPK akan menentukan status hukum dari pihak yang diamankan dalam waktu 1X24 jam. "Rencana hari ini akan disampaikan informasi lebih rinci melalui konferensi pers di KPK," ucap dia. (Dylan Aprialdo Rachman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "OTT, KPK Tangkap Bupati Muara Enim"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru