Kualitas Udara Jakarta Buruk, KLHK: Opsi WFH Diserahkan ke Masing-masing Perusahaan

Jumat, 11 Agustus 2023 | 17:31 WIB Sumber: Kompas.com
Kualitas Udara Jakarta Buruk, KLHK: Opsi WFH Diserahkan ke Masing-masing Perusahaan

ILUSTRASI. Kualitas Udara Jakarta Buruk, KLHK Serahkan Opsi WFH ke Masing-masing Perusahaan.KONTAN/Fransiskus Simbolon


POLUSI - JAKARTA. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan kebijakan work from home (WFH) kepada masing-masing lembaga dan perusahaan, di tengah kian buruknya kualitas udara Jakarta.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro mengatakan, untuk mengambil keputusan WFH atau tidak, manajemen kantor bisa mengacu pada status kualitas udara Jakarta.

Kualitas udara tersebut dapat dipantau dari sejumlah situs web dan platform.

Baca Juga: Wajib Tahu, Uji Emisi Bakal Jadi Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan

"Mungkin kita juga mengadopsi kebijakan dari Pemprov DKI. Jadi yang kami sediakan adalah sarana untuk mengambil keputusan," kata Sigit saat konferensi pers di Kantor KLHK, Jakarta Timur, Jumat (11/8/2023).

"Jadi informasi kualitas udara tadi kan sudah tersedia di berbagai website. Mohon itu digunakan untuk masing-masing manajemen menentukan apakah perlu WFH atau tidak, gitu, karena kan tidak setiap hari fenomenanya terjadi," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto juga menyampaikan sejumlah imbauan kepada warga untuk menyikapi kualitas udara buruk di Jabodetabek.

Warga diimbau melakukan tindakan preventif dengan memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan, serta mengecek status kualitas udara harian melalui laman yang disediakan.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Salah Satu yang Terburuk di Dunia, Ini Penyebabnya

"Kami juga dari pemerintah mengimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk mengecek kondisi udara yang saat ini, yang mungkin tiap harinya bisa dicek melalui berbagai macam aplikasi. Ada JAKI, Ispunet LHK, dan website BMKG," ucap Asep.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kualitas Udara Jakarta Buruk, KLHK Serahkan Opsi WFH ke Masing-masing Perusahaan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru