Kurangi Dampak Perubahan Iklim dan Sambut HUT RI, Polbangtan Kementan Tanam Pohon

Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:05 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Kurangi Dampak Perubahan Iklim dan Sambut HUT RI, Polbangtan Kementan Tanam Pohon

ILUSTRASI. Penanaman bibit pohon di Hutan Kota Sangga Buana, Jakarta. Polbangtan Kementan Tanam 77 Pohon Penghijauan.


KONTAN.CO.ID -  YOGYAKARTA. Jelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 77 tahun, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang gelar penanaman pohon serentak di 6 titik lokasi di dalam dan luar kampus. 

Lokasi penanaman pohon berada di wilayah Yogyakarta dan Magelang antara lain di dalam Kampus Pertanian Yogyakarta, Kampus Peternakan Magelang, Kebun Praktek Karangsari, Kebun Praktek Banyakan, Kebun Praktek Sempu, dan Kebun Pusat Pendidikan dan Pelatihan Desa Dlimas, Magelang.

Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, Bambang Sudarmanto, mengatakan bahwa penghijauan ini selain dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 namun juga merupakan langkah nyata dukungan Polbangtan Yogyakarta Magelang dalam mengurangi dampak perubahan iklim dan mengurangi resiko kekurangan bahan pangan.

Baca Juga: Siap-siap Rogoh Kocek Lebih Dalam untuk Beli Mi Instan, Harganya Naik

“Selama dua hari ini kami melakukan penanaman lebih dari 77 pohon multipurpose hortikultura dan perkebunan di 6 titik lokasi yaitu lingkungan Kampus Pertanian Yogyakarta, lingkungan Kampus Peternakan Magelang, dan kebun percobaan serta kebun pusdik di luar kampus,” terang Bambang dalam siaran pers Kementan. 

Bambang merinci beberapa jenis pohon yang ditanam yaitu pohon kelapa dan anekan pohon buah-buahan diantaranya mangga kijoy, alpukat miki, alpukat aligator, kelengkeng, dan durian.

Selain Polbangtan Yogyakarta Magelang, penanaman bibit pohon multipurpose ini juga dilakukan secara serentak oleh seluruh Unit Pelaksana Tugas Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia sesuai instruksi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Baca Juga: Antisipasi Ancaman Krisis Pangan Global, Kementan Siapkan Substitusi Gandum

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas.

“Melalui proses menanam, diharapkan nilai integritas yaitu gotong royong, tanggung jawab, dan harmoni antara pemikiran dan tindakan tertanam. Karena kegiatan ini tidak hanya selesai sampai di sini, selanjutnya pohon-pohon ini tetap harus dirawat dan dipelihara dengan baik,” kata Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru