Jabodetabek

Lahan pemakaman jenazah terkait Covid-19 di TPU Pondok Ranggon diperluas

Senin, 28 September 2020 | 09:46 WIB Sumber: Kompas.com
Lahan pemakaman jenazah terkait Covid-19 di TPU Pondok Ranggon diperluas

ILUSTRASI. JAKARTA,07/09-TINGKAT KASUS KESEMBUHAN TINGGI. Warga melepas salah satu anggota keluarganya yang diduga pasien terinfeksi Covid 19 usai dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Senin (7/9/2020). Komite Kebijakan Penanganan Virus Corona (Covid-19) dan Pe

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas lahan untuk pemakaman jenazah orang-orang yang meninggal dunia karena terkait dengan Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Lahan diperluas karena jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 terus bertambah setiap hari. 

"Kami diberi tugas tambahan sama Pak Gubernur (Anies Baswedan) untuk membantu pematangan lahan jenazah Covid-19," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho saat dikonfirmasi, Minggu (27/9) malam. 

Hari menyebutkan, perluasan dilakukan selama dua bulan dan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, Dinas Bina Marga DKI membuka lahan sekitar 7.141 meter persegi. Selanjutnya, pada tahap kedua kembali dibuka lahan sekitar 6.150 meter persegi. "Kurang lebih 13.291 meter persegi dari TPU Pondok Ranggon," kata dia.

 Baca Juga: Bio Farma diminta kebut produksi obat Covid-19 Remdesivir

Dalam proses perluasan lahan itu, Dinas Bina Marga mengerahkan sejumlah alat berat seperti dozer, backhoe, dan jetting.  Sebanyak delapan orang personel terlibat dalam pembukaan lahan ini. 

"Yang pertama hampir 12 truk karena ada pematangan jalan menggunakan puing dan scrap. Pekerjanya empat operator dan empat PJLP pembantu," ujar Hari. 

Kasus harian Covid-19 bertambah 1.186 pada hari Minggu kemarin. Sementara, jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di Jakarta sejak Maret hingga saat ini telah mencapai 71.370 orang. Sebanyak 56.413 orang dari total keseluruhan pasien Covid-19 telah dinyatakan pulih, dengan tingkat kesembuhan mencapai 79%. 

Baca Juga: Saat Jokowi membandingkan kondisi pandemi di RI, AS dan India

Dari jumlah tersebut, 1.692 pasien Covid-19 di Jakarta dilaporkan meninggal dunia. Jumlah kematian ini setara 2,4% dari total kasus di Jakarta. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lahan Pemakaman Jenazah Terkait Covid-19 di TPU Pondok Ranggon Diperluas"

 

Selanjutnya: Ini jurus Hotel Indonesia Natour di tengah terpaan Covid-19

 

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru