Lapas Sukamiskin direnovasi, Setnov Dkk kemungkinan tak tempati sel mewahnya lagi

Senin, 23 Desember 2019 | 09:49 WIB Sumber: Kompas.com
Lapas Sukamiskin direnovasi, Setnov Dkk kemungkinan tak tempati sel mewahnya lagi

ILUSTRASI. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di Lapas Klas 1A Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/7). Lapas Sukamiskin direnovasi. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww/18.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisioner Ombdusman Adrianus Meliala mengungkapkan bahwa penempatan narapidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, akan diacak. 

Hal itu juga berlaku bagi terpidana kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dan mantan Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI Djoko Susilo. 

Baca Juga: Jokowi pertimbangkan ini sebelum tunjuk Tumpak jadi Ketua Dewan Pengawas KPK

Dengan begitu, ketiga napi korupsi tersebut kemungkinan besar tidak akan menempati sel mewah mereka lagi. 

"Semua peruntukkan dari semua sel itu akan diacak sehingga ada kemungkinan, besar kemungkinan Setya Novanto dan kawan-kawan tidak akan kembali ke situ (sel mewahnya)," ungkap Adrianus ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (22/12). 

Progres renovasi
Saat ini, Lapas Sukamiskin sedang dalam proses renovasi. Selama renovasi, ketiga terpidana kasus korupsi tersebut dan napi lainnya dipindah ke blok lain. Renovasi itu dilakukan Kementerian Hukum dan HAM usai kunjungan Ombudsman pada September 2019 silam. 

Dari kunjungan sebelumnya, Ombudsman menemukan fasilitas mewah. Salah satunya pada sel terpidana kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto yang lebih besar dan lebih mewah dibanding sel napi lainnya. 

Baca Juga: Mencermati latar belakang lima anggota Dewan Pengawas KPK pilihan Jokowi

Kemudian, pada Jumat (20/12) lalu, Adrianus datang untuk melihat proses renovasi atas undangan kakanwil. Menurutnya, proyek renovasi tersebut sudah mencapai 90% dan ditargetkan selesai pada akhir tahun. 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru