Lepas Ekspor Mobil dari Patimban, Jokowi: Industri Tetap Bergerak Meski Pandemi

Selasa, 08 Maret 2022 | 14:45 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Lepas Ekspor Mobil dari Patimban, Jokowi: Industri Tetap Bergerak Meski Pandemi

Presiden Joko Widodo saat pelepasan ekspor mobil ke sejumlah negara dari Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).


JOKOWI -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelepasan ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban, Jawa Barat. Direncanakan tiap bulan ada 15.000 mobil yang di ekspor dari pelabuhan yang baru tiga bulan beroperasi ini.

"Saya senang setelah beroperasi ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban terus bergerak yang sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160.000, melihat progres tiga bulan ini kelihatannya bisa naik jadi 180.000 mobil," jelas Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/3).

Ekspor mobil tersebut menjadi bukti bahwa pandemi Covid-19 tak menghalangi industri di Indonesia terutama ekspor terus bergerak. "Ini sangat bagus, Industri kita meskipun pandemi tetap bergerak terus, meskipun pandemi kita juga tetap ekspor terus," ujarnya.

Baca Juga: Bertolak ke Subang, Jokowi Akan Tinjau Pelepasan Ekspor Mobil

Selain itu, pergerakan sektor industri dalam melakukan ekspor diharapkan akan ikut memberikan sumbangan kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Adapun negara tujuan ekspor diantaranya Filipina, Brunai Darussalam, Jepang dan Vietnam. Ke depan Jokowi berharap negara tujuan ekspor mobil yang diproduksi di Indonesia dapat lebih meluas.

"Saya kira ini awal, nanti akan dikembangkan ke negara negara yang lain, sehingga satu bulan kurang lebih dari sini bisa diekspor 15.000 mobil," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru