Lewat Anak Usaha, PTPP Lakukan Pemancangan Pertama SPAM Tanah Merah

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:03 WIB   Reporter: Vina Elvira
Lewat Anak Usaha, PTPP Lakukan Pemancangan Pertama SPAM Tanah Merah

ILUSTRASI. SPAM. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/hp.


AIR MINUM - JAKARTA. PT PP (Persero) Tbk  melalui anak usaha dan cucu usaha yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur (PP Infra) dan PT PP Tirta Tanah Merah melaksanakan kegiatan pemancangan tiang pertama sistem penyediaan air minum (SPAM) Tanah Merah. 

SPAM Tanah Merah yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat merupakan kerja sama Bangun-Guna-Serah (BOT) antara PP Tirta Tanah Merah sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP), dengan PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi. Kerja sama tersebut dalam rangka peningkatan penyediaan air minum dengan kapasitas 200 liter per detik (lpd).

"Kegiatan pemancangan tiang pertama ini merupakan awal proses dimulainya tahapan konstruksi pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) yang diharapkan dapat mengalirkan air minum kepada masyarakat sekitar di tahun 2023 mendatang dengan hasil keluaran standar kualitas air minum sesuai

Baca Juga: PTPP Optimistis KIT Batang Banyak Diminati Investor

Peraturan Menteri Kesehatan," ungkap Direktur Operasi PP Infrastruktur,  Satya Priyambodo, dalam keterangan resminya, kemarin. 

Dia melanjutkan, pembangunan IPA dilakukan dengan teknologi yang handal, di mana menggunakan material beton dengan kapasitas distribusi 200 lpd yang dilengkapi reservoir glass fused steel kapasitas tampung 3.500 meter per kubik.

"Sistem pengoperasian otomatis menggunakan Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA), sehingga proses pengolahan air minum dapat dipantau setiap saat selama 24 jam per hari secara real time," lanjutnya. 

 

 

SPAM Tanah Merah, terang Satya, nantinya akan melayani pelanggan domestik dan komersial di area pelayanan PDAM Bhagasassi Cabang Lemah Abang. Saat ini, PDAM Bhagasassi secara eksisting telah melayani penyediaan air minum dengan kapasitas sebesar 50 lpd.

Nah, ke depannya, melalui kegiatan pemancangan tiang pertama ini, SPAM Tanah Merah akan menghasilkan kapasitas air minum dengan total sebesar 250 lpd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru