Lewat situs Simpul Kebaikan, zakat fitrah bisa dibayar secara online

Kamis, 14 Mei 2020 | 12:09 WIB Sumber: Kompas.com
Lewat situs Simpul Kebaikan, zakat fitrah bisa dibayar secara online

ILUSTRASI. Ilustrasi zakat online. KONTAN/Muradi/2018/05/31

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren membayar zakat telah berubah. Masyarakat pun sudah dapat membayar zakat secara online. Terlebih, saat ini kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sedang dilakukan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Pembayaran zakat secara online pun dinilai sebagai langkah yang tepat bagi masyarakat yang sedang melakukan work from home. Zakat Fitrah sangat penting, karena zakat ini wajib dibayarkan satu tahun sekali oleh umat muslim menjelang bulan Ramadhan.

Baca Juga: Bayar zakat bisa online lewat BRI Mobile, begini caranya

Pada dasarnya, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri dilangsungkan. Salah satu lembaga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI menyediakan cara alternatif bagi masyarakat yang ingin melakukan pembayaran zakat secara online, yakni melalui situs Simpul Kebaikan.

Simpul Kebaikan merupakan situs pembayaran zakat dan donasi secara online yang dikelola oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta.

Melalui situs ini, masyarakat dapat melakukan pembayaran zakat fitrah, zakat maal, serta berbagai jenis donasi lain seperti donasi bagi pejuang medis lawan corona dan beragam donasi amal lainnya.

Cara Membayar Zakat Fitrah Melalui Situs Simpul Kebaikan

- Pertama, Anda dapat mengunjungi situs Simpul Kebaikan https://simpulkebaikan.id/

- Kemudian gulir layar ke bawah hingga Anda menemukan opsi Zakat Fitrah dan pilih "Donasi Sekarang.

- Selanjutnya, pilih jumlah anggota keluarga yang ingin Anda bayarkan zakat fitrahnya. Setiap orang akan dikenakan biaya zakat fitrah sebesar Rp 35.000. Lanjutkan dengan menekan tombol "Donasi Sekarang".

- Akan ada notifikasi yang menunjukkan bahwa pembayaran telah dimasukan secara otomatis ke keranjang. Pilih opsi "Bayar Sekarang" untuk segera melakukan proses pembayaran zakat fitrah.

- Pada laman berikutnya, pastikan Anda sudah memasukkan jumlah orang yang ingin dibayarkan zakat fitrahnya dengan benar. Di sini, Anda dapat menambahkan atau mengurangi jumlah partisipan zakat fitrah. Jika sudah, klik tombol "Pilih Metode Pembayaran"

- Anda dapat mengisi profil data diri Anda pada kolom-kolom yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk memilih metode pembayaran, dan pilih opsi "Bayar Sekarang".

- Selanjutnya, Anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan nomor rekening yang tercantum.

- Terakhir, Anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran dengan memilih opsi "Konfirmasi Donasi" dan masukan nomor invoice pembayaran. Jika sudah terbayar, akan ada notifikasi yang mengonfirmasi bahwa pembayaran zakat fitrah Anda telah berhasil. 9 Kevin Rizky Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Zakat Fitrah Bisa Dibayar Online Lewat Situs Simpul Kebaikan, Begini Caranya...",

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru