Libur panjang bikin lonjakan penumpang bus AKAP di Terminal Jabodetabek hingga 62%

Jumat, 30 Oktober 2020 | 20:10 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha
Libur panjang bikin lonjakan penumpang bus AKAP di Terminal Jabodetabek hingga 62%


LIBUR PANJANG - JAKARTA. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengatakan, adanya libur panjang pada akhir Oktober menyebabkan penumpang bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di sejumlah terminal tipe A yang dikelola oleh BPTJ melonjak.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti menjelaskan, mulai tanggal 22 hingga 28 Oktober, rata-rata jumlah penumpang meningkat antara 23% - 62% dibandingkan hari-hari biasa pada pekan sebelumnya.

“Terminal Pondok Cabe misalnya tercatat kenaikan sebesar 23%, Terminal Jatijajar sebesar 38% dan Terminal Poris Plawad sebesar 62%,” ujar Polana dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10).

Baca Juga: Tol Jakarta-Cikampek padat, contraflow diberlakukan di km 42-km 61

Meski begitu, Polana pun menyebutkan ada pula terminal yang tidak mencatatkan kenaikan penumpang seperti di Terminal Baranangsiang Bogor.

Dari data yang ada, pada tanggal 22 hingga 28 Oktober 2020, Terminal Baranangsiang Bogor rata-rata melayani keberangkatan penumpang AKAP sebanyak 134 orang per hari.

Menurut Polana, jumlah ini lebih kecil dibandingkan dengan pekan sebelumnya, di mana Terminal Baranangsiang Bogor bisa melayani penumpang rata-rata sebanyak 182 orang per hari.

Lebih lanjut, Polana pun mengatakan saat ini yang penting untuk diperhatikan adalah penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, untuk menghindari penularan Covid-19 di transportasi publik maka lingkungan strategis perlu dijaga juga menjaga perilaku pengguna transportasi publik.

“Pengguna transportasi publik harus benar-benar sehat dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, memenuhi ketentuan jaga jarak dengan tidak bergerombol atau berkerumun selama dalam perjalanan,” jelas Polana.

Dia pun meminta agar operator sarana dan prasarana transportasi tidak melewatkan pengukuran suhu tubuh baik bagi petugas dan calon penumpang, juga memperhatikan ketentuan jaga jarak, melakukan penyemprotan disinfektan terhadap sarana dan prasarana transportasi.

Baca Juga: Libur panjang, jalur Puncak terlarang untuk kendaraan besar

Polana pun mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan kembali lebih awal melihat terjadinya peningkatan pengguna layanan di sejumlah terminal. Menurutnya, ini untuk menghindari potensi penumpukan penumpang pada saat arus balik.

"Kami berharap masyarakat tidak bertumpu pada satu waktu atau pada satu hari tertentu saat kembali  seusai libur panjang ini,” katanya.

Sebagai informasi, terminal tipe A yang berada di bawah pengelolaan BPTJ antara lain Terminal Tipe A Jatijajar, Kota Depok, Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang; Terminal Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan dan Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru