CLOSE [X]

Manakah daerah dengan gaji UMR tertinggi di Pulau Jawa? Ini jawabannya

Senin, 06 Desember 2021 | 09:24 WIB Sumber: Kompas.com
Manakah daerah dengan gaji UMR tertinggi di Pulau Jawa? Ini jawabannya

ILUSTRASI. Sejauh ini, UMR Bekasi 2022 menjadi UMR tertinggi di Pulau Jawa dengan nominal sebagaimana UMK 2022 Kota Bekasi senilai Rp 4.816.921,17. ANTARA FOTO/Risky Andrianto/foc/17.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembaca saat ini kerap mencari informasi terkait daerah dengan gaji UMR tertinggi dan terendah di Indonesia, khususnya UMR tertinggi di Pulau Jawa. Hal ini juga termasuk UMR terendah di Pulau Jawa. 

Daftar UMR di Indonesia memang masih kerap dicari masyarakat, khususnya bagi kalangan pekerja atau buruh yang bekerja di sebuah perusahaan atau pabrik. 

Berapa gaji UMR tertinggi di Indonesia 2022 khususnya di Pulau Jawa? Pertanyaan tersebut kerap muncul di kalangan buruh, terutama untuk memastikan apakah upah yang diterimanya sudah sesuai dengan gaji UMR di daerahnya. 

Selain itu, ada juga yang mencari informasi UMR tertinggi di Pulau Jawa dan UMR terendah di Pulau Jawa untuk membandingkan besaran gajinya dengan yang berlaku di daerah lain guna mencari peluang kerja baru. 

Sebagai catatan, UMR adalah kepanjangan dari Upah Minimum Regional. Secara resmi, sebenarnya istilah UMR sudah digantikan dengan istilah UMP (Upah Minimum Provinsi) dan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota). 

Baca Juga: Daftar UMR 2022 terendah dan tertinggi di Jabodetabek, cek lagi!

Meski demikian, di kalangan masyarakat, istilah UMR masih banyak digunakan untuk penyebutan upah minimum di suatu provinsi dan kabupaten/kota, misalnya ketika mencari informasi daftar UMR di Indonesia. 

Dengan begitu, UMR adalah penyebutan yang kerap digunakan untuk pengganti istilah UMP dan UMK dalam interaksi sosial sehari-hari. 

Praktis, untuk mengetahui berapa besaran UMR tertinggi dan terendah di Indonesia, khususnya di Jawa, acuannya adalah kebijakan yang berlaku pada UMP/UMK yang berlaku di Pulau Jawa. 

Daerah dengan gaji UMR tertinggi di Pulau Jawa UMR Karawang yang pada tahun 2021 lalu menjadi yang tertinggi, kini bukan lagi sebagai daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia 2022. Pasalnya, UMR Karawang 2022 tidak lebih besar dari UMR Bekasi 2022 berdasarkan penetapan UMK 2022.

Baca Juga: OPSI berharap kenaikan upah minimum 2022 di atas inflasi

Demikian juga dengan UMR Jakarta 2022 yang mengacu pada penetapan UMP DKI Jakarta tahun 2022, besarannya bukanlah yang tertinggi di Jawa. Sejauh ini, UMR Bekasi 2022 menjadi UMR tertinggi di Pulau Jawa dengan nominal sebagaimana UMK 2022 Kota Bekasi senilai Rp 4.816.921,17. Besaran tersebut melebihi angka UMR Karawang 2022 dan UMR Jakarta 2022. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru