Maret 2020, empat stasiun ini akan jadi stasiun terintegrasi

Jumat, 10 Januari 2020 | 13:48 WIB Sumber: Kompas.com
Maret 2020, empat stasiun ini akan jadi stasiun terintegrasi

ILUSTRASI. Pengguna jasa kereta Commuter di Stasiun Juanda, Jakarta.


TRANSPORTASI - JAKARTA. PT MRT Jakarta bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana mengubah empat stasiun kereta api di Jakarta menjadi stasiun Transit Oriented Development ( TOD). 

Proyek ini akan digarap melalui perusahaan gabungan MRT dan KAI, yaitu PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, keempat stasiun yang akan diubah menjadi TOD adalah Stasiun Senen, Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman. 

Baca Juga: Catat, hari ini KA Bandara kembali layani penumpang

Keempat stasiun tersebut nantinya akan terhubung dengan moda transportasi lain seperti Transjakarta, MRT, LRT, hingga angkutan umum yang tergabung dengan Jak Lingko. 

“Jadi ada empat stasiun yang nampak beda. Stasiun Senen, Juanda, Tanah Abang, dan Sudirman itu nanti orang merasakan terintegrasi,” ujarnya, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (10/1). 

Mantan Menteri Pendidikan dan Budaya ini menargetkan keempat stasiun TOD ini akan mulai dapat digunakan masyarakat pada Maret mendatang. 

"Kalau Maret sudah harus jadi mungkin pembangunannya sudah mulai," kata dia. 

Ditemui di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai pengintegrasian stasiun akan memberikan efisiensi terhadap zonasi bangunan di Jakarta. 

Selain itu, Budi juga meminta agar seluruh stakeholders transportasi umum dilibatkan, tidak terkecuali ojek online. 

“Oleh karena itu saya minta desain 4 stasiun itu tolong mereka diakomodasi. Karena de facto keberadaan ojol tidak bisa dipungkiri,” katanya. 

Baca Juga: Menhub pastikan kereta api bandara dan KRL Duri-Tangerang beroperasi terbatas besok

Sebagai informasi, PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek dibentuk oleh PT MRT dan PT KAI untuk meningkatkan kualitas transportasi umum yang ada di Jakarta, melalui integrasi kelola stasiun kereta api di wilayah Jabodetabek. (Rully R. Ramli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Maret 2020, 4 Stasiun Akan Jadi Stasiun Terintegrasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru