Masalah Kali Item disorot media asing, begini reaksi Sandiaga Uno

Selasa, 24 Juli 2018 | 21:05 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Masalah Kali Item disorot media asing, begini reaksi Sandiaga Uno

ILUSTRASI. Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet, Kemayoran, dipasangi jaring berwarna hitam


ASIAN GAMES - JAKARTA. Masalah Kali Item yang sudah sangat menahun muncul di pemberitaan media asing Channel News Asia dengan judul “Jakarta covers up 'stinky, toxic' river near Asian Games village”. Hal ini membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berupaya untuk melakukan pembersihan yang dikebut dalam waktu tiga pekan ke depan.

“Yang saya sampaikan kemarin, kita harus bersatu sebagai bangsa. Kita buktikan kepada media asing, juga ke tamu-tamu internasional kalau kita gunakan kesempatan ini untuk bersatu padu. Kita sudah buktikan kemarin kita lakukan double triple protection,” kata Snadiaga di Plasa Indonesia, Selasa (24/7).

Sandiaga melanjutkan bahwa kawasan Kali Item harus dibersihkan guna menjaga kebersihan di kawasan Wisma Atlet Kemayoran. Ia menuturkan bahwa akan ada cafeteria yang berkonsep outdoor, dan ia tidak mau masalah kotornya Kali Item membuat kontaminasi pada makanan.

“Karena nanti di samping kali item akan dijadikan tempat breakfast dan lunch dan dinner. Cafetaria dibangun di situ. Kita enggak mau ambil risiko. Jadi dari segi higienisnya, karena mungkin dari aroma, pandangan oke, tapi bagaimana dengan lalat dan bakteri di situ. Kita hati-hati dan kita ambil segala hal yang bisa menurunkan risiko kontaminasi makanan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa terkait dengan pemberitaan di media asing, sempat menimbulkan kekhawatiran. Ini disampaikan Ketua PMK Puan Maharani dan Ketua Inasgoc Eric Tohir.

Namun Sandiaga menjelaskan bahwa ini bisa diatasi dan ini akan dibuktikan ke media luar bahwa Indonesia mampu berkontribusi dengan sempurna di Asian Games.

“Saya sudah sampaikan ke pak Eric, Bu Puan. Bu Puan tanya bagaimana ini media asing, saya jawab, ‘don’t worry bu Menko dan Pak Erick, kita enggak akan terpecah belah karena ini. Tapi justru semakin kuat, Kita buktikan ke dunia luar kita akan deliver the best Asian Games ever,” ungkap Sandiaga.

Selanjutnya usai Asian Games, Sandiaga berjanji akan mengelola masalah Kali Item ini sampai benar-benar beres. Adapun sosialisasi masyarakat untuk hidup bersih perlu dilakukan di seputar kawasan ini.

“Harus dikelola slanjutnya, Asian Games bukan hanya masalah olahraga, tapi mengubah perilaku. Perilaku menjaga kebersihan, perilaku menjaga fasilitas publik, bagaimana menggunakan kendaraan umum. Jadi pemicu kita mengubah perilaku sebagai bangsa yang lebih baik,” tegas Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru