Masih terus berjalan, ini progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika

Selasa, 05 Mei 2020 | 20:20 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Masih terus berjalan, ini progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika

ILUSTRASI. Foto udara bentuk salah satu tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). Saat ini ''Right of Way'' (ROW) lintasan sepanjang 4,3 Km telah


OLAHRAGA - JAKARTA. Pembangunan sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk MotoGP, Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), terus menunjukkan perkembangan yang positif.

Saat ini, pembangunan Sirkuit Mandalika yang masih berfokus kepada ground work atau pekerjaan tanah menunjukkan progres positif dengan rincian land clearing mencapai 428.125 m² atau 81,57%, pemasangan pagar beton precast keliling telah mencapai 5.327 m atau 85,23%, galian tanah track sebesar 191.624 m³ atau 84,47%, sementara pekerjaan timbunan tanah mencapai 106.171 m³ atau 29,25%.

Baca Juga: Pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika terus berjalan meski ada wabah corona

Selain itu, saat ini juga tengah dilakukan kegiatan penimbunan dan pemadatan pada area track, lokasi akses road outter dan inner termasuk pitlane. Pekerjaan penimbunan dilakukan layer by layer sesuai dengan elevasi (ketinggian) yang telah ditentukan dalam metode pelaksanaan. Pelaksanaan ground work juga dilakukan sangat detail dan teliti untuk memenuhi standar yang telah ditentukan dalam spesifikasi teknis.

Adapun kegiatan konstruksi Sirkuit Mandalika terus dilakukan untuk mengejar penyelenggaraan MotoGP di Indonesia yang akan dimulai tahun 2021.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan pekerjaan tanah merupakan salah satu bagian penting dari konstruksi Sirkuit Mandalika dan harus dilakukan dengan tingkat ketelitian dan detil yang tinggi agar sesuai regulasi dan standar dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Secara keseluruhan pembangunan Sirkuit Mandalika masih berjalan sesuai jadwal dan target yang telah ditetapkan.

Editor: Handoyo .

Terbaru