Mbiz Dukung Percepatan Pengadaan Digital di Lingkungan Pemerintah Daerah

Rabu, 29 November 2023 | 15:00 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Mbiz Dukung Percepatan Pengadaan Digital di Lingkungan Pemerintah Daerah

ILUSTRASI. Aplikasi Mbiz.co.id. ?aplikasi yang digunakan untuk menawarkan solusi pengadaan barang melalui platform digital.


PENGADAAN BARANG JASA - JAKARTA. Marketplace mitra Toko Daring Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mendukung Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya lewat penyelenggaraan Temu Bisnis antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan penyedia produk UMKM.

Mbizmarket, pengelola platform Mbiz.co.id dan Mbizmarket.co.id, turut mendukung kegiatan yang bertujuan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk dan jasa UMKM tersebut. Kegiatan ini sekaligus juga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para penyedia, terkait proses pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah melalui Toko Daring. 

Sejak April 2022, Pemerintah Kabupaten Sleman telah memulai transformasi pengadaan digital, sesuai program e-purchasing LKPP, yakni melalui pemanfaatan e-katalog dan marketplace mitra Toko Daring LKPP.
 
Sejumlah lebih dari 950 pelaku usaha UMKM di Kabupaten Sleman telah bergabung sebagai penyedia di marketplace mitra Toko Daring LKPP dengan lebih dari 19.500 produk tayang.  

Baca Juga: Memperkuat Logistik dan Daya Saing

Danang Maharsa, Wakil Bupati Pemkab Sleman mengatakan, pihaknya mendorong seluruh OPD di Pemkab  Sleman diharapkan untuk terus memanfaatkan marketplace pengadaan mitra Toko Daring LKPP. "Melalui  Temu Bisnis ini, tujuan  pengadaan barang/jasa agar dapat betul-betul dilakukan secara transparan, berkelanjutan, stabil, dapat terealisasi. Hal ini juga akan mendorong pembeli untuk menggunakan produk-produk lokal dari Kabupaten Sleman” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (29/11).

Budi Santosa, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Pemkab Sleman mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait di lingkungan PemKab Sleman, terutama dengan Disperindag dan Dinas Koperasi,  yang membina UMKM di Kabupaten Sleman, untuk mendorong pelaku usaha UMKM  bergabung di marketplace mitra Toko Daring LKPP, dan menayangkan sebanyak-banyak produk/ jasa yang dicari dan dibutuhkan oleh pemerintah.  

"Dengan cara ini, kami harapkan pemerintah dapat menyerap produk-produk lokal yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan pemerintah. Dan selanjutnya, perputaran ekonomi dapat terjadi dengan sendirinya, hal ini sekaligus memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat di Sleman” ujarnya. 

Baca Juga: IOG e-Commerce, Ciptakan Dampak Positif bagi KKKS dan Vendor

Sejumlah perusahaan sponsor juga berpartisipasi mendukung  kegiatan Temu Bisnis tersebut dengan memberikan sejumlah barang sebagai hadiah doorprize bagi peserta,  seperti PT Metranet yang memberikan 2 unit handphone dan 1 unit tablet,  PT Zyrex Mandiri Buana yang memberikan 2 laptop dan 5 set box TV, serta PT Kudo Indonesia Jaya yang memberikan 25 set tinta printer.
 
CEO dan Co-Founder Mbizmarket, Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan mengapresiasi Pemkab Sleman yang mempercayakan pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah melalui platform Mbizmarket.  "Kami siap untuk memberikan dukungan kepada biro atau bagian pengadaan di lingkungan pemerintah kota/ kabupaten di seluruh Indonesia yang jelas aktif melakukan transformasi digital pengadaan barang/jasa melalui Mbizmarket." pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru