kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS928.000 1,42%
  • RD.SAHAM 0.48%
  • RD.CAMPURAN 0.24%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Mengekor DKI Jakarta, Kota Bekasi juga perpanjang PSBB hingga 18 Juni 2020


Kamis, 04 Juni 2020 / 20:16 WIB
Mengekor DKI Jakarta, Kota Bekasi juga perpanjang PSBB hingga 18 Juni 2020
ILUSTRASI. Kota Bekasi perpanjang PSBB

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Bekasi juga diperpanjang 14 hari mengikuti perpanjangan yang sebelumnya dilakukan DKI Jakarta. 

“Ya kami ikuti DKI-lah, kami copy paste sampai tanggal 18 Juni, biar lebih smooth, lebih aman. Karena kami memang dekat sama DKI,” ucap Rahmat, Kamis (4/6). 

Pria yang akrab disapa Pepen menyebutkan, meski PSBB diperpanjang hingga Kamis (18/6) mendatang, adaptasi menuju new normal atau kenormalan baru tetap diterapkan di Kota Bekasi. 

Baca Juga: Dari seluruh kecamatan Kota Bekasi, ada satu kecamatan sedikit terkena corona

Pasalnya, kasus Covid-19 belum sepenuhnya landai di Kota Patriot. Masih ada zona merah yang jumlahnya bisa berubah-ubah kapan saja. 

Rahmat bilang, ada beberapa fase yang diterapkan dalam adaptasi new normal. “Kami atur fase-fasenya, pertama berkenaan dengan pelonggaran yang sudah kami lakukan dengan berjalan itu seiring (PSBB diperpanjang),” kata dia. 

Saat ini, kata Rahmat, Kota Bekasi berada di level 3 atau dalam posisi warna kuning. Sebagai informasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagi lima kategori level keparahan serta kewaspadaan terhadap sebaran virus corona di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat. 

Level 1 rendah: tidak ditemukan kasus positif; level 2 moderat: kasus ditemukan secara sporadis atau impor; level 3 cukup berat: ada klaster tunggal; level 4 berat: ditemukan beberapa klaster; dan level 5 kritis: penularan pada komunitas. 

Baca Juga: Antisipasi kepadatan penumpang, 60 jadwal KRL tambahan disiapkan

“Sekarang kami kan kuning, karena reproduksinya 0 koma, atau di bawah 1, memang ada penurunan sekarang karena ada 46 kelurahan zona hijau, berarti ada 10 kelurahan yang masih zona merah mudah-mudahan besok sudah turun lagi,” tutur dia. 

Berdasarkan data website resmi Pemkot Bekasi corona.bekasikota.go.id secara kumulatif ada 321 kasus positif Covid-19 hingga hari ini. Dari jumlah tersebut, 255 pasien positif di antaranya telah dinyatakan sembuh. Lalu, ada 33 pasien positif yang meninggal dunia. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ikuti DKI, PSBB Kota Bekasi Diperpanjang hingga 18 Juni ".



TERBARU

[X]
×