Mensos Risma hingga Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Berpotensi Maju Pilkada DKI

Minggu, 09 Januari 2022 | 14:27 WIB Sumber: Kompas.com
Mensos Risma hingga Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Berpotensi Maju Pilkada DKI

ILUSTRASI. Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sebut nama sejumlah kadernya yang berpotensi bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mulai menyodorkan nama sejumlah kadernya yang berpotensi bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengungkapkan, sejumlah kader potensial tersebut adalah mereka yang pernah menjabat dua periode sebagai kepala daerah.

Mereka, antara lain Menteri Sosial (Mensos) sekaligus mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi, mantan Bupati Budi Sulistyono atau Kanang, Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra, dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

"Cukup banyak setok pemimpin yang dimiliki PDI-P (untuk maju di Pilkada DKI Jakarta)," ujar Hasto usai menghadiri kegiatan menyambut HUT ke-49 PDI-P di Cakung, Jakarta, Minggu (9/1/2022).

Terkait potensi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Hasto menyebut bahwa Gibran harus menunjukkan kualifikasinya lebih dulu sebagai pemimpin Solo, mengingat Gibran belum genap satu tahun menjabat Wali Kota Solo.

"Kalau Mas Gibran kan satu periode belum sehingga Mas Gibran harus menunjukkan kualitas kepemimpinannya dalam mengubah Kota Surakarta," kata Hasto.

Baca Juga: Hasto Kristiyanto Menjawab Soal Kans Ahok Maju Lagi Pilkada DKI Jakarta

Terlepas dari nama-nama tersebut, Hasto menegaskan bahwa PDI-P tidak pernah kehabisan setok kader yang akan bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

"PDI-P tidak pernah kekurangan calon pemimpin termasuk calon gubernur dan wakil gubernur DKI karena proses kaderisasi terus-menerus dilakukan partai," terang dia.

Selain itu, imbuh Hasto, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri nantinya akan menetapkan siapa kader yang akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Bu Mega yang secara konstitusional itu memiliki kewenangan untuk menetapkan," imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hasto: Risma hingga Hendrar Prihadi Berpotensi Maju di Pilkada DKI Jakarta

Selanjutnya: Kementerian PUPR Lakukan Penanganan Darurat Pasca Banjir di Jayapura

Editor: Yudho Winarto
Terbaru