Menteri PUPR: Pembangunan Bandara, Jalan Tol, & Air Bersih Rampung Juli 2024

Jumat, 15 Maret 2024 | 02:33 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Menteri PUPR: Pembangunan Bandara, Jalan Tol, & Air Bersih Rampung Juli 2024

ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono?mengatakan, pembangunan bandara, jalan tol dan air bersih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal rampung pada bulan Juli 2024.


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Pembangunan bandara, jalan tol dan air bersih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal rampung pada bulan Juli 2024. Sehingga dapat digunakan untuk Upacara Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2024.

Pernyataan tersebut ditegaskan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono.

Menurut Basuki, hal yang paling penting itu adalah air. Oleh karenanya, pemerintah menargetkan air akan masuk ke IKN pada bulan Juni 2024. 

Kemudian, lanjutnya, hal kedua yang juga penting adalah jalan tol, yang akan masuk bulan Juli 2024. 

"Sedangkan untuk airport sekitar Juli 2024 juga. Namun yang paling penting adalah Air karena jika ada airport dan ada jalan tol namun tidak ada air, akan susah juga. Jadi kami usahakan bulan Juli 2024 semua selesai sehingga Upacara 17 Agustus insyaallah bisa dilakukan disana dan beliau bisa berkantor di sana,” ujar Basuki seperti yang dilansir dari laman Infopublik.id pada Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Memiliki Prospek Cerah, Pemerintah Siapkan Desa Wisata untuk Topang Pembangunan IKN

Pembangunan bandara dan jalan tol tahap I mulai dibangun pada 1 November 2023 di IKN. Sedangkan untuk Instalasi Pembangunan Air (IPA) sendiri di mulai pada 29 November 2024. Semua pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada 2024.

Basuki menambahkan pembangunan Istana Wakil Presiden, baru akan di bangun sedangkan untuk Istana Presiden akan selesai juga pada Juli 2024.

Baca Juga: Iming-Iming Berbagai Fasilitas dan Insentif Khusus Buat ASN yang Pindah ke IKN

“Untuk istana wakil presiden baru akan dibangun, karena ada penyesuaian dari desain. Namun untuk Istana Presiden Insya Allah akan selesai pada bulan Juli tahun ini,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru