Merapi erupsi, Semeru muntahkan awan panas sejauh 3 kilometer

Selasa, 03 Maret 2020 | 20:14 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Merapi erupsi, Semeru muntahkan awan panas sejauh 3 kilometer

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas, Senin (3/3/2020).


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas hingga sejauh tiga kilometer, Selasa (3/3). Saat ini, gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut masuk dalam level II (Waspada).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Subagyo mengatakan, guguran awan panas teramati dengan amplitudo maksimal 23 milimeter dan lama gempa hingga 540 detik.

"Luncuran awan panas tersebut mengarah ke Besuk Kembar dan Besuk Bang dari pusat guguran, dengan jarak kurang lebih 750 meter dari kawah utama," kata Subagyo dalam pernyataan tertulis, Selasa (3/3).

Baca Juga: Gunung Merapi erupsi, sejumlah wilayah di Klaten diselimuti hujan abu

Menurut Subagyo, fenomena alam tersebut sudah sering terjadi dan kondisi saat ini masih aman juga terkendali.

Meski begitu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan BPBD tetap mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada radius satu kilometer dan wilayah sekitar empat kilometer di sektor lereng Selatan-Tenggara yang menjadi jalur luncuran awan panas dari kawah utama Semeru.

Selain itu, masyarakat juga selalu waspada terhadap potensi luncuran awan panas di Kawah Janggring Saloko. Sehingga, fenomena alam tersebut tidak menjadi bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru