Minggir, Pemprov DKI tegaskan 32 area CFD hanya untuk pesepeda

Jumat, 26 Juni 2020 | 10:56 WIB Sumber: Tribunjakarta.com
Minggir, Pemprov DKI tegaskan 32 area CFD hanya untuk pesepeda

ILUSTRASI. Jogging dan jalan satai dilarang di 32 area CFD


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan jalur sepeda di 32 ruas jalan untuk menggantikan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin yang kembali ditiadakan pada pekan ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, 32 ruas jalan itu dikhususkan bagi pesepeda. Untuk itu, masyarakat yang hanya ingin jalan santai atau joging tidak diperkenankan berada di area CFD.

Baca Juga: Hore! Ada 32 tempat baru car free day di Jakarta yang asyik buat berolahraga

"Jadi yang 32 lokasi ini adalah ruang publik yang disiapkan oleb Pemprov DKI untuk warga berolahraga sepeda," kata dia, Kamis (25/6). Bagi masyarakat yang tetap nekat jogging di area CFD, Syafrin menyebut, petugas Satpol PP bakal memberikan sanksi tegas.

"Sanksi itu ada beberapa, pertama dibubarkan, kemudian dilarang untuk berada di sana. Jadi, memang kami dorong untuk warga di 32 lokasi itu dengan sepeda," jelas Syafrin saat dikonfirmasi.

Dia menjelaskan, larangan bagi masyarakat joging di area CFD ini berdasarkan hasil evaluasi pihaknya. Sebab, pelaksanaan CFD pada Minggu (21/6) lalu menimbulkan banyak kerumunan yang bisa memicu penularan Covid-19.

"Dari hasil evaluasi HBKB kemarin, itu ternyata terjadi penumpukan oleh pejalan kaki sehingga dari sisi physical distancing terabaikan," kata Syafrin.

"Oleh sebab itu, kami coba memecah ke 32 lokasi dengan harapan tidak ada penumpukan," tegas dia. 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru