Umum

Minum air rebusan Pegagan efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Minggu, 15 November 2020 | 19:50 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Minum air rebusan Pegagan efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda penderita hipertensi? Minum air rebusan pegagan bermanfaat sebagai obat herbal tekanan darah tinggi.  

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Tekanan darah tinggi bisa mengancam semua kalangan.

Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanan darah di atas 180/120. Bila dibiarkan, tekanan darah tinggi bisa memicu munculnya penyakit kronis seperti jantung dan stroke.

Baca Juga: Terkenal pahit, ini manfaat sambiloto sebagai obat herbal

Mengutip dari Kompas.com, tekanan darah tinggi disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, tidak berolahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. 

Selain itu, seseorang menderita tekanan darah tinggi karena faktor keturunan, kelebihan berat badan, usia, dan stres. 

Umumnya, untuk menurunkan tekanan darah tinggi seseorang minum obat dari dokter. Opsi lainnya, para penderita darah tinggi bisa mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan tekanan darah tingginya.

Belakangan, obat herbal jadi idola sebagian masyarakat. Sebab, obat herbal dipercaya lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Perlu Anda tahu, obat herbal penurun tekanan darah tinggi cukup beragam. Salah satunya adalah tenaman pegagan yang dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi.  

Pegagan obat herbal tekanan darah tinggi

Pegagan merupakan rumput liar yang banyak tumbuh di sawah, ladang, pekarangan. Pegagan, tumbuh merambat di tempat yang bersuhu agak lembab. 

Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat di Indonesia Vol.2 karya Setiawan Dalimartha pegagan mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, brahmic acid, magnesium, kalsium, besi, dan natrium.

Mengandung banyak senyawa aktif dan mineral, pegagan jadi salah satu obat herbal yang ampuh mengobati sejumlah penyakit salah satunya adalah darah tinggi. 

Namun, penderita darah tinggi tidak boleh asal mengonsumsi pegagan untuk mengobati penyakitnya. Sebab ada aturan dan cara meracik pegagan agar efektif menurunkan tekanan darah tinggi. 

Berikut bahan dan cara membuat racikan pegagan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

Bahan 

  • Pegagan 20 lembar 
  • Air 3 gelas 

Anda cuci pegagan di bawah air mengalir sampai bersih. Kemudian, Anda rebus pegagan sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 3/4. 

Anda dinginkan air rebusan pegagan. Lalu, Anda minum 1/3 rebusan air pegagan tiga kali sehari. 

Selain mengonsumsi obat herbal ini Anda sebaiknya mulai menerapkan hidup sehat. Hal ini penting agar tekanan darah Anda terkontrol.

Baca Juga: Duwet bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Selanjutnya: Menderita asam urat? Ini makanan yang baik dan buruk untuk penderita asam urat

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru