CLOSE [X]

Mudik Lebaran, Dishub Jabar Siapkan 143 Posko Pengamanan

Rabu, 23 Maret 2022 | 20:47 WIB Sumber: Kompas.com
Mudik Lebaran, Dishub Jabar Siapkan 143 Posko Pengamanan

ILUSTRASI. Ilustrasi mudik. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Berpatokan pada hasil survei Kementerian Perhubungan RI, arus mudik yang akan terjadi pada libur Lebaran 2022 tahun ini diprediksi meningkat. 

Dinas Perhubungan Jawa Barat pun sejak dini melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar pemudik nantinya bisa lebih mempersiapkan diri. 

"Kenapa ini harus disampaikan di awal karena persiapan belum matang dengan asumsi angkutan arus lebaran akan meningkat. Setelah dua tahun tertunda, masyarakat melakukan mudik, tahun ini diperkirakan meningkat sesuai hasil survei kementrian perhubungan," kata Kepala Dishub Jabar, Koswara, di Kantor Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Rabu (23/3). 

Koswara mengatakan, Kementerian Perhubungan memprediksi 22 persen penduduk Indonesia akan melaksanakan mudik lebaran 2022. 

Baca Juga: Pemerintah Longgarkan PPLN dan Perbolehkan Mudik Lebaran

Untuk itu, Dishub Jabar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kota di Jawa Barat akan membuat 143 posko pengamanan dan pengawasan di seluruh jalur mudik lebaran dengan melibatkan tidak kurang dari 4.000 orang personel. 

"Hasil survey Kemenhub prediksinya seluruh indonesia 55 juta orang melaksanakan mudik. Posko Provinsi ada 18, posko Kabupaten Kota ada 125 posko. Itu perkiraan yang akan dibuat untuk kebutuhan," ucap Koswara. 

Selain itu, Dishub Jabar akan melakukan kajian-kajian untuk menunjang strategi-strategi yang bisa diterapkan di lapangan. 
"Strategi pertama adalah tentang keselamatan angkutan, bagaimana angkutan umum dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan menggunakam angkutan umum," jelasnya. 

Kedua, lanjut Koswara, adalah mencari strategi keselamatan berlalu lintas bersama jajaran Polda Jabar dan Pemda Kabupaten Kota. 

"Kita merancang bagaimana berlalu lintas waktu mudik aman lancar," ucapnya. 

Koswara menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak akan memfasilitasi kegiatan mudik gratis tahun ini. 

Namun demikian, pihaknya akan memfasilitasi perusahaan perusahaan di Jawa Barat yang berencana menyediakan mudik gratis untuk karyawannya. 

"Akan kita coba bersama dengan sektor lain seperti kawasan industri, pabrik-pabrik yang akan menyelengarakan mudik gratis akan kita bantu supaya mudik bisa nyaman," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Dishub Jabar Siapkan 143 Posko Pengamanan Mudik Lebaran 2022"

Penulis : Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana
Editor : Gloria Setyvani Putri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru