CLOSE [X]

Omicron Terdeteksi di Jatim, Ini Sederet Faktanya

Senin, 03 Januari 2022 | 08:13 WIB Sumber: Kompas.com
Omicron Terdeteksi di Jatim, Ini Sederet Faktanya

ILUSTRASI. Varian Omicron terdeteksi di Jawa Timur (Jatim).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Varian Omicron terdeteksi di Jawa Timur (Jatim). Pasien pertama kasus Omicron di Jatim ini merupakan warga Surabaya. Dia terpapar Omicron seusai berwisata dari Bali.

Berdasar riwayat perjalanannya, pasien ini mengunjungi Pulau Dewata menggunakan mobil pribadi. Dia bermalam di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Berikut fakta-fakta terkait kasus pertama Omicron di Jatim.

Omicron di Jatim terdeteksi berdasar informasi ITD Unair Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron ditemukan di Jatim. Juru Bicara Satgas Kuratif Covid-19 Jawa Timur dr Makhyan Jibril Alfarabi mengatakan, temuan ini berdasarkan pernyataan Ketua Institute of Tropical Disease (ITD) dan tim peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Prof dr Maria Lucia Inge Lusida.

"Iya benar, sebagaimana sudah disampaikan oleh ITD Unair, varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Jawa Timur," ujarnya, Minggu (2/1).

Baca Juga: Belum Berakhir, Jokowi Perpanjang Status Pandemi Covid-19 di Indonesia

Saat ditanya tentang data rinci mengenai kasus ini, Jibril mengaku masih melengkapinya. "Data-datanya sedang kami kumpulkan. Ini memang tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat," ucapnya.

Pasien pertama Omicron di Jatim terpapar usai wisata ke Bali Pasien pertama Omicron di Jatim terinfeksi usai berwisata ke Bali. Warga Surabaya itu diketahui bermalam di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung. Dia berkunjung ke sejumlah tempat wisata pada tanggal 20 hingga 25 Desember 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali Ketut Suarjaya menjelaskan, pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Jatim. Dinkes Bali juga tengah memetakan tempat wisata mana saja yang dikunjungi pasien tersebut selama di Bali.

"Dia cuma bilang (ke) tempat wisata. Dia tidak merinci dan dia juga tidak tahu siapa yang ditemui, kan tidak kenal. Ini yang agak merepotkan. Tapi dia bilang sudah memakai aplikasi PeduliLindungi," terangnya, Minggu.

Baca Juga: Ada Penambahan 4,11 Juta Dosis Vaksinasi Covid pada 2 Januari 2022

Terkait temuan kasus Omicron ini, Pemerintah Provinsi Bali bakal melakukan pelacakan kontak erat pasien. Suarjaya menuturkan, seluruh tempat yang pernah dikunjungi oleh wisatawan tersebut akan dilacak. Saat ini, Dinkes Bali berfokus terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat di tempat wisatawan itu menginap.

"Sudah dilakukan tracing pada kontak erat di tempat menginap dan besok dilanjutkan dengan swab PCR," tuturnya, Minggu. Nantinya, seluruh sampel dari hasil swab PCR itu bakal dikirim ke laboratorium Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan RI untuk diteliti jenis varian Covid-19.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membenarkan bahwa ada warganya yang terinfeksi Covid-19 varian B.1.1.529. Soal temuan kasus pertama Omicron di Jatim, Eri menyampaikan bahwa Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya tengah melakukan blocking area di rumah keluarga pasien tersebut.

"Area-area tempatnya dia, kami lakukan blocking, juga untuk tempat-tempat yang lain," kata dia, Minggu.

Baca Juga: Kasus Positif Naik Jadi 136 Orang, Ini Gejala dan Cara Mencegah Covid-19 Omicron

Eri menyatakan, jika ditemukan ada warga yang hasil tesnya positif, akan langsung dilakukan tracing. "Jadi terus kami lakukan (tracing), tidak berubah dari tahun sebelumnya," tandasnya.

Dengan ditemukannya kasus Omicron di wilayahnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta warganya supaya jangan panik. "Kita tidak boleh panik, tapi yang terpenting harus waspada dengan cara memperketat protokol kesehatan," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu.

“Waspada penting, tapi jangan membuat panik. Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama yang sudah mendapatkan vaksin,” paparnya, dikutip dari Antara.

Oleh karena itu, Khofifah mengajak warga untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19. "Warga Jatim yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin," sebutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Omicron Terdeteksi di Jatim, Ini Sederet Faktanya.

Editor: Reza Kurnia Darmawan

Baca Juga: Bukan Varian Baru COVID-19, Apa yang Dimaksud Florona?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru