Paket bansos tahap 4 DKI Jakarta mulai disalurkan lagi malam ini

Sabtu, 27 Juni 2020 | 18:54 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Paket bansos tahap 4 DKI Jakarta mulai disalurkan lagi malam ini

ILUSTRASI. JAKARTA,1106-DISTRIBUSI BANSOS. Relawan dari Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) memindahkan bantuan sosial (bansos) untuk warga di Sekretarian DPP Pospera, Jakarta, Kamis (11/06). Banutan yang akan di distribusikan ke beberapa wilayah ini dilakukan guna me


KONTAN.CO.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menyalurkan bantuan sosial atau bansos tahap 4 kepada warga masyarkat. Paket bansos tahap 4 DKI Jakarta ini disalurkan mulai hari ini Sabtu 27 Juni 2020 di beberapa kecamatan.

"InsyaAllah sore atau malam ini paket bansos tahap 4 akan turun. Mohon bantuan Bapak-Bapak dalam menurunkannya hingga mengangkut," kata seoran Ketua RT di wilayah Pasar Rebo Jakarta Timur saat memberikan imbauan kepada warganya Sabut 27 Juni 2020.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakann bahwa paket bansos DKI Jakarta akan terus bergulir pada Juli 2020 sampai Desember 2020.

Hanya saja Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan penerima paket bansos kali ini akan berkurang dibandingkan dengan paket bansos DKI Jakarta sebelumnya.

Pemerintah terimakasih atas bantuanRT dan RW Baik pemerintah pusat dan Daerah

"Nanti bantuan disesuaikan dengan orang yang membutuhkan, dan jumlah akan akan berkurang. Kalau sebelumnya ojek online dapet bansos nanti penerima berkugang seiring dengan pulihnya ekonomi. Setelah orang bekerja tidak dibantu lagi secara bertahap," kata Ahmad Riza Patria melalui video yang di unggah Pemerintah provinsi DKI Jakarta pada Jumat (26/6).

Riza Patria menegaskna, orang yang sudah kembali pulih bekerja dan perekonomianya mulai stabil tidak dapat bantuan lagi dari pemerintah. " Kecuali bagi warga yang sudah terdaftar mendapat bantuan rutin seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP) kartu lansia, disabilitas. Mereka akan tetap mendapatkan bantuan terus," kata Riza Patria.

Demikian juga bagi warga yang sudah terdaftar sebagai penerima Bansos dari pemerintah pusat, seperti Program Keluara Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemrintah pusat akan tetap rutin di salurkan. 

Menurut Riza Patria, berkurang bantuan ini di satu sisi harus disyukuri artinya sudah pulih dan normal kembali kecuali kelompok masyarkat pra sejahtera.

"Jadi bantuan ada 2 dari pusat dan daerah sampai Juli Desember, jumahya akan disesuaikan," katanya. 

Pada kesempatan itu, Riza Patria juga menegaskan bahwa soal penyaluran bantuan diserahkan kepada warga lingkungan. "Bagaimana teknisnya kami serahkan ke RT dan RW yang mengatur cara membagikan. Bapak lebih mengerti kondisi warga RT dan RW yang penting sampai dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik bagian dari kebersamaan kekeluargaan, dan kesetiakawanan silakan," kata Riza Patria saat berdialog dengan pengurus RT dan RW di Kelurahan Pasar Baru. 

Pada kesempatan itu ia juga menanggapi keluhan pengurus RT dan RW soal turunya bantuan sosial sampai malam hari. "Akan kami sampaikan mungkin karena jumlahnya 2,4 juta paket dari gudang diatur yang diberi tugas PD Pasar Jaya yang mengatur, lebih enak malam karena tidak macet. Ada lingkungan yang dapat bansos pada malam hari, akan kami usahakan. Kami sampaikan juga ke Kemensos agar pengiriman paket sembako pagi sampai sore hari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru