CLOSE [X]

Pamapersada gandeng YDBA kembangkan potensi UMKM di Kaltim

Jumat, 01 April 2022 | 17:59 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Pamapersada gandeng YDBA kembangkan potensi UMKM di Kaltim

ILUSTRASI. Pengembangan UMKM YDBA bersama Pamapersada di Bontang Kaltim


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mewujudkan sustainability UMKM di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Bontang dan Paser melalui community development Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkolaborasi bersama PT Pamapersada Nusantara.

Pengembangan UMKM di sana dilakukan melalui Lembaganya Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Bessai Berinta Bontang pada tahun 2015 dan LPB Pama Daya Taka pada tahun 2013.

Adapun LPB didirikan untuk mendukung UMKM agar mandiri dan berkelanjutan melalui berbagai program pembinaan, antara lain pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan fasilitasi pembiayaan.

Baca Juga: Kementerian Koperasi UKM Terus Membangun Kolaborasi untuk Pengusaha Kecil

"Pengembangan lewat community development ini agar masyarakat disana tak hanya jadi penonton jadi kita gali dan kembangkan potensi disana. Dan kita tahu bahwa tambang akan ada batasnya, maka bagaimana kita siapkan sustainable pasca tambang," kata CSR Departement Head PT Pamapersada Nusantara Maidi Irvan, dalam diskusi virtual YDBA pekan ini.

Sekretaris Pengurus YDBA, Ida R. M. Sigalingging mengatakan, berbagai kerjasama dilakukan dalam membuat naik kelas UMKM binaan YDBA. Termasuk dengan PT Pamapersada Nusantara ini dimana ada sekitar ada 160 UMKM binaan di wilayah Bontang.

Selain naik kelas, YDBA juga ingin UMKM binaan mampu melebarkan pasar secara nasional bahkan internasional. Ida berharap dengan kerja sama Pama ini akan menciptakan UMKM unggulan baik dari sektor kuliner atau pertanian.

YDBA juga berencana menjalin kerjasama dengan Bea Cukai agar produk UMKM binaannya bisa sampai ke perbatasan di Malaysia.

"Itu sebabnya kami bersama Pama selalu siapakah legalitas, karena kalau mau nasional dan internasional masalah legalitas jadi hal utama," imbuh Ida.

Ke depan YDBA juga terus mendorong UMKM binaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan produktivitas serta berkolaborasi dengan banyak pihak.

Baca Juga: Hangat laba panen perdana petani jahe merah binaan YDBA

Editor: Yudho Winarto

Terbaru